Cek, Cara Menghadapi Orang yang Berperilaku Kasar

Bingung Bertemu Orang yang Kasar kepada Anda? Tenang, Berikut 5 Cara Menghadapinya (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Bertemu orang yang suka berbicara kasar dan menyakitkan hati mungkin menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, tingkah mereka bisa membuat Anda merasa tidak nyaman sekaligus bingung harus merespons seperti apa.

Tapi tenang saja, dilansir dari website personal excelent berikut adalah 5 cara yang dapat Anda praktikkan ketika harus bertemu dan terlibat interaksi dengan orang yang suka berbicara kasar dan menyakiti hati.

1. Jangan ikut-ikutan kasar
Jika hal pertama yang ada di pikiran Anda adalah membalas dengan balik bersikap kasar, maka Anda salah besar. Kunci yang pertama adalah sabar dan tetap tenang jangan mudah terbawa. Anda tentu saja tidak ingin dicap sebagai orang yang negatif dan suka menyakiti perasaan orang lain. Jangan biarkan pengaruh negatif yang mereka bawa membuat Anda menjadi pribadi yang negatif juga.

Baca Juga: 

2. Jangan dimasukkan ke dalam hati
Setiap omongan yang ia lontarkan kepada Anda mungkin menancap di pikiran dan hati Anda. Anda langsung berpikir bahwa mungkin saja apa yang mereka omongkan benar. Mungkin saja Anda memang seburuk itu. Stop! Berhentilah terbawa perasaan oleh omongan mereka. Karena kebanyakan, masalah bukan ada pada diri Anda tapi diri mereka. Tidak ada yang perlu Anda lakukan dan Anda rubah dari diri Anda.

3. Pahami mengapa seseorang bisa begitu kasar
Ada beberapa kemungkinan mengapa seseorang bersikap kasar kepada Anda. Bisa jadi karena ia sedang berada di situasi sulit dan tidak mampu mengendalikan sehingga orang lain terkena getahnya. Bisa juga karena memang wataknya sudah seperti itu. Anda bisa mulai menganalisis dan memahami mengapa seseorang bisa bertindak begitu kasar kepada Anda.

4. Tawarkan bantuan
Cara keempat ini mungkin terasa aneh bagi Anda. Bagaimana mungkin orang yang sudah jahat kepada Anda malah Anda tawari bantuan. Benar, Kita tidak pernah tahu situasi apa yang sedang ia hadapi sehingga membuatnya bertindak demikian. Tidak semua orang memiliki kemampuan mengelola stres dan emosi dengan baik. Cobalah tanyakan apa yang membuatnya bersikap demikian dan tawarkan bantuan apa yang sekiranya mereka perlukan untuk merasa lebih baik.

Baca Juga: 

5. Konfrontasi atau tinggalkan
Jika tingkahnya semakin menjadi-jadi dan hal ini terjadi tidak hanya sekali dua kali sehingga cukup mengganggu Anda. Anda dapat mengkonfrontasi balik. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah tinggalkan. Jangan menaruh perhatian sekecil apapun padanya. Abaikan saja.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 cara untuk menghadapi orang yang kasar kepada Anda. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 27 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories