Khawatir Chat WhatsApp Anda Discreenshot? Ini Cara Mencegahnya

Canggih! Begini Cara Agar Orang Lain Tidak Screenshot Chat WhatsApp Anda (Pexels.com/Anton)

MAKASSARINSIGHT.com - Aplikasi perpesanan WhatsApp memang sangat digemari banyak orang, termasuk bagi kalangan orang Indonesia. Banyak kemudahan yang diberikan oleh WhatsApp, seperti mengirim pesan teks, gambar, suara, video, bahkan melakukan panggilan telepon sampai video call.

Namun, di balik kemudahannya, terkadang ada beberapa orang yang ingin melakukan tangkap layar atau screenshot percakapan kita. Hal itu memang tidak salah. 

Akan tetapi, jika pesan yang Anda kirimkan cenderung berbau sensitif, maka tentu berbahaya jika di-screenshot lalu disebarkan ke banyak orang atau dibagikan lewat media sosial. Namun, sekarang ada cara agar orang lain tidak screenshot chat WhatsApp Anda. 

Baca Juga: 

Cara Agar Orang Lain Tidak Screenshot Chat WhatsApp Anda

Salah satu fitur WhatsApp yang bisa Anda manfaatkan adalah fitur ‘View Once’. Pembaruan WhatsApp ini merilis fitur View Once tersebut yang akan melarang tangkapan layar atau screenshot pada pesan yang menggunakan fitur tersebut.

Fitur View Once

Anda dapat mengirim foto atau video yang akan secara otomatis hilang di chat WhatsApp setelah penerima membukanya dan keluar dari penampil media. Foto atau video tersebut juga tidak akan tersimpan ke galeri ponsel penerima atau diteruskan kepada orang lain.

Cara Mengirim Pesan View Once

1. Pertama, buka WhatsApp lalu buka obrolan individu atau grup.

2. Ketuk ‘Lampirkan’ atau ‘Attach’, lalu ketuk ikon kamera untuk mengambil foto atau video baru dengan kamera Anda atau memilih foto atau video dari galeri ponsel.

3. Jika sudah, ketuk ‘1’ di sebelah bilah teks, kemudian ketuk kirim.

Baca Juga: 

Itu tadi cara agar orang lain tidak bisa melakukan screenshot chat Anda sehingga pesan Anda tidak disebarkan kepada banyak orang. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 26 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories