Mudik Lebaran 2023, Garuda Indonesia Group Siapkan 1,2 Juta Tiket Pesawat

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tampak terparkir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

MAKASSARINSIGHT.com - Maskapai nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama anak usahanya, PT Citilink Indonesia menyiapkan 1,2 juta kursi penerbangan pada periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Tiket pesawat itu disiapkan untuk rute domestik dan internasional yang diproyeksikan pada 15 April (H-7) sampai  30 April (H+8).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memaparkan komposisi ketersediaan kursi ini terdiri dari sedikitnya 518.856 kursi yang akan disediakan oleh Garuda Indonesia dengan mengoperasikan sejumlah pesawat berbadan lebar, di antaranya yaitu Airbus A330-900; Airbus A330-300; dan Boeing 777-300ER.

"Sementara, Citilink akan mempersiapkan 722.080 kursi yang akan dilayani diantaranya dengan armada Airbus A320-200,” ujar Irfan Setiaputra dalam keterangan resmi, dikutip Senin, 3 April 2023.

Adapun kapasitas penerbangan Garuda Indonesia akan dioptimalkan di sejumlah rute-rute yang memiliki permintaan tinggi, di antaranya Jakarta - Padang, Jakarta - Semarang, Jakarta - Solo, Jakarta - Yogyakarta, dan Jakarta – Denpasar.

Langkah tersebut turut diselaraskan dengan peningkatan frekuensi penerbangan internasional baik untuk tujuan Singapura, Amsterdam, Seoul, hingga Bangkok.

Baca Juga: 

Irfan menuturkan ketersediaan kursi penerbangan Garuda Indonesia Group pada periode Lebaran tahun ini mencatatkan peningkatan 45% dibandingkan dengan musim padat penumpang (peak season) pada 2022.

“Lebaran tahun ini menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia khususnya di masa transisi pandemi,” kata dia.

Oleh karenanya, lanjut Irfan, kesiapan secara terintegrasi dari hulu ke hilir operasional penerbangan akan terus ditingkatkan melalui koordinasi intensif bersama stakeholder kebandarudaraan, konsistensi penerapan service and operations excellent Garuda Indonesia Group.

Irfan pun menambahkan, Garuda Indonesia sebagai maskapai pelat merah bersama anak usahanya Citilink memastikan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat berjalan optimal.

Upaya lain Garuda Indonesia Group menyambut peak season Lebaran kali ini juga diwujudkan dengan berkala memonitor dan mengantisipasi kebutuhan penerbangan ekstra yang nantinya akan disiapkan menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat jelang hari raya.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Laila Ramdhini pada 03 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories