Makassar Juara Umum Lomba Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits Tingkat Sulsel

Makassar juara umum kompetisi STQH tingkat Sulsel di Kepulauan Selayar. Piala diserahkan oleh Wakil Bupati Selayar Saiful Arif. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com, SELAYAR - Kota Makassar menjadi juara umum dalam kompetisi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Tingkat Provinsi Sulsel XXXIII Tahun 2023.

Kafilah Makassar menerima masing-masing empat emas dan empat perak dalam pelaksanaan STQH yang digelar di Kabupaten Kepulauan Selayar sejak 2 hingga 9 Mei.

“Alhamdulillah Makassar mampu meraih empat emas dan empat perak. Hasil ini meningkat dari capaian Makassar pada STQH sebelumnya,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Makassar Muhammad Syarif, Rabu, (10/05/2023).

Baca Juga: 

Syarif menuturkan dengan capaian positif ini, pihaknya bakal terus memaksimalkan potensi yang ada di Makassar.

Apalagi, kata dia, potensi di Makassar besar sekali dengan banyaknya pesantren dan keilmuan keislaman ada di Makassar.

Kedepannya, proses seleksi dari kecamatan juga akan segera dilakukan setiap tahunnya.

Lalu, berupaya makin menguatkan fungsi lembaga Tilawatil Qur’an per kecamatan sehingga memacu kafilah-kafilah yang ada.

Pun, akan lebih mengaktifkan training centernya agar calon peserta lomba memiliki jam terbang yang baik ketika mengikuti kompetisi.

Syarif menjelaskan empat kategori yang mendapatkan emas itu, pertama, kategori Bahasa Arab. Kedua, kategori Hafalan 20 juz putra. Ketiga, Tilawah putra dewasa dan keempat ialah Hadits 500 putri.

Baca Juga: 

Tercatat seluruh Kafilah Makassar yang dikirim sebanyak 75 orang; 20 peserta lomba, 12 pelatih, official Kesra 31 orang, dan pendamping Kemenag Kota 12 Orang.

Adapun lomba yang diikuti ialah Kategori Tafsir Bahasa Arab, Tilawah Dewasa, Tilawah Anak, Hifdzil 1 Juz dan Tilawah, Hifdzil 5 Juz, Hifdzil 10 Juz, Hifdzil 20 Juz, 30 Juz, Hadits Bersanad 100 serta Hadits 500.(***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories