Coba 7 Cara Ini Untuk Lunasi Utang dan Raih Kebebasan Finansial

7 Cara Mudah Lunasi Utang, Bantu Raih Kebebasan Finansial dengan Cepat! (freepik.com/drobotdean)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Utang adalah salah satu hal yang harus jadi prioritas pengeluaran Anda. Jika Anda mengalami kesulitan mengelola utang dan tidak memiliki rencana untuk melunasinya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Cara mudah untuk mengurangi utang adalah dengan melakukan strategi keuangan dan menerapkan kebiasaan keuangan yang baik. Meski begitu, sebelum Anda melunasi utang Anda, pertama Anda perlu membuat daftar setiap utang beserta jenisnya, sisa saldo, dan tingkat bunganya.

Cara Melunasi Tumpukan Utang

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melunasi utang.

Baca Juga: 

1. Buat Anggaran

Untuk melunasi tumpukan utang Anda, penting untuk memulai dengan melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dengan anggaran bulanan. 

Anggaran adalah cara mudah untuk mengatur keuangan Anda di awal pembayaran utang. Penganggaran bisa Anda lakukan dengan menggunakan spreadsheet sederhana atau memanfaatkan aplikasi penganggaran untuk melacak dengan cermat setiap pengeluaran dan pembayaran utang.

2. Lunasi Utang yang Paling Mahal Lebih Dahulu

Strategi ini melibatkan pembayaran utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Anda bisa terus membayar jumlah minimum untuk utang-utang lain yang lebih murah, tapi jangan lupa untuk memfokuskan uang ekstra yang Anda miliki untuk melunasi utang-utang yang mahal. Strategi ini dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

3. Lunasi Utang Terkecil Terlebih Dahulu

Strategi ini mengharuskan Anda untuk menangani utang terkecil lebih dahulu. Melunasi utang dalam jumlah kecil juga akan memberikan Anda motivasi yang Anda perlukan untuk melanjutkan perjalanan Anda dalam melunasi utang. Selain itu, menentukan utang mana yang harus ditangani terlebih dahulu bergantung pada stabilitas keuangan Anda dan faktor lainnya.

4. Hentikan Pengeluaran Kartu Kredit

Jika pengeluaran berlebihan menyebabkan Anda jadi menambahkan utang yang tidak perlu, cobalah untuk mengeluarkan kartu kredit Anda sepenuhnya dari dompet. Strategi ini sederhana tapi dapat menghilangkan godaan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak sehingga Anda lebih fokus dalam mengendalikan keuangan Anda.

5. Hapus Informasi Kartu Kredit dari Toko Online

Jika mengeluarkan kartu kredit dari dompet saja tidak cukup, lakukan tindakan pengendalian diri selangkah lebih maju dengan menghapus informasi kartu kredit yang disimpan di toko online. Anda juga bisa mencoba membatasi top up yang Anda berikan ke toko online tersebut.

6. Jual Hadiah dan Barang Rumah Tangga yang Tidak Diinginkan

Dapatkan uang tambahan dengan menjual barang-barang yang tidak diinginkan dari rumah Anda. Anda bisa mencoba menjualnya melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram atau melalui e-commerce barang bekas seperti Carousel. Gunakan semua uang dari penjualan tersebut untuk membayar utang Anda.

7. Ubah Kebiasaan Anda

Pengeluaran berlebihdan dan akumulasi utang dalam jumlah besar seringkali merupakan masalah perilaku. Anda perlu jujur pada diri sendiri tentang kebiasaan dan pengeluaran Anda lalu lakukan perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk membayar utang.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara mudah melunasi utang dengan cepat. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 12 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories