Ayo CobaKebiasaan Pagi Ini, Bisa Bikin Anda Lebih Produktif

Pagi hari adalah waktu yang sangat menentukan bagaimana berjalannya sepanjang hari Anda nanti. (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Pagi hari adalah waktu yang sangat menentukan bagaimana berjalannya sepanjang hari Anda nanti. Beberapa orang yang mengetahui ini, akan memanfaatkan pagi hari mereka sebaik mungkin.

Berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkan hari dengan baik diantaranya adalah menjadikan hari lebih bersemangat, mendatangkan energi positif, hingga membentuk gaya hidup sehat. Tak hanya itu, jika Anda telah memenangkan pagi hari Anda maka kemampuan Anda untuk mengambil tindakan juga lebih meningkat.

Baca Juga: 

Nah berikut 5 kebiasaan yang dapat Anda lakukan di pagi hari agar lebih produktif.

1. Bangun Lebih Pagi
Pentingnya bangun lebih pagi bahkan disebut oleh Robin Sharma seorang ahli di bidang kepemimpinan, perubahan manajemen dan penguasaan diri. Robin, dalam bukunya yang berjudul 5 AM club, Robin Sharma mengungkapkan bahwa bangun pagi hanya dilakukan oleh 5% dari 95% orang yang berarti posisi Anda sekarang berada di top 5%. Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa pada jam-jam pagi terutama jam 5, otak akan lebih fokus untuk mengembangkan diri, sehingga cocok untuk menyiapkan hari Anda dengan optimal dan produktif.

2. Berolahraga
Beragam manfaat bisa Anda dapatkan dengan berolahraga apalagi olahraga pagi. Diantaranya adalah mampu meningkatkan fokus, dan membuat Anda lebih disiplin. Selain itu, dengan berolahraga pagi tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan perasaan bahagia.

3. Membuat to-do list
To-do list adalah daftar tugas atau kegiatan yang harus Anda lakukan pada waktu tertentu. Buatlah to-do list untuk satu hari ke depan. Selain, bisa Anda gunakna untuk mengatur kegiatan selama seharian, to-do list juga membuat tugas Anda lebih mudah untuk dikelola dan dikerjakan.

Baca Juga: 

4. Sarapan Makanan Sehat
Sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah sebagai sumber energi. Zat gizi yang Anda dapatkan saat sarapan akan bermanfaat untuk proses berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas fisik Anda secara optimal. Waktu sarapan yang ideal adalah mulai dari Anda tidur hingga jam 9 pagi.

5. Membuat Gratitude Journal
Gratitude journal adalah buku yang berisi tulisan tentang apa yang Anda syukuri baik besar maupun kecil. Penulisan gratitude jurnal dapat Anda lakukan secara rutin setiap pagi. Manfaat menulis gratitude jurnal untuk mengungkapkan rasa syukur diantaranya adalah menciptkan energi positif dan memberikan ketenangan pada diri Anda.

Berikut tadi adalah 5 kebiasaan di pagi hari agar lebih produktif yang dapat Anda praktikkan. Semoga bermanfaat!(*)

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 17 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories