Ingin Blog Yang Kamu Bikin Ramai Pengunjung? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

Ilustrasi Laptop Apple. / Pixabay

MAKASSARINSIGHT.com - Nge-blog bisa jadi salah satu cara untuk kamu mengutarakan apapun yang ada dipikiran melalui tulisan. Bahkan, beberapa orang pun menjadikan kegiatan nge-blog itu sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di sela-sela pekerjaan.

Namun begitu, ada segudang tantangan yang harus kamu hadapi saat memutuskan untuk menekuni kegiatan tersebut. Bahkan, rajin menulis dan upload artikel setiap hari belum bisa menjamin blog yang kamu punya jadi ramai pengunjung setiap harinya.

Baca Juga: 

Penasaran apa saja yang bisa jadi penyebab sepinya pengunjung di blog meski sudah rutin menekuni kegiatan tersebut setiap harinya? berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebab sepinya pengunjung di blog kamu.

1. Tulisan Membosankan

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi acuan kalau tulisan yang kamu buat membosankan meski rutin menguploadnya setiap hari. Salah satunya seperti paragraf yang terlalu panjang atau bertele-tele saat mendeskripsikan sebuah maksud dan tujuan yang ingin diutarakan oleh-mu dalam tulisan.

Baca Juga: 

2. Monoton

Agar tulisan yang kamu buat gak terkesan terlalu monoton atau itu-itu aja, kamu juga bisa bercerita melalui sudut pandang yang lebih luas agar narasi yang dibuat terkesan kaya dan memiliki karakter yang kuat

3 Kurang Promosi

Jika tulisan yang dibuat menurut kamu sudah cukup baik untuk dibaca namun masih juga sepi pengunjung, bisa jadi penyebabnya karena kurangnya promosi yang dilakukan untuk meningkatkan eksistensi blog kamu.

Meski begitu, promosi gak melulu soal uang yang harus kamu keluarkan untuk beriklan yah. Jika kamu seorang penulis yang baru bekecimpung di dunia blogging, kamu bisa membagikan tulisan-tulisan yang kamu buat dalam blog kepada orang-orang terdekat seperti keluarga bahkan teman-teman.

4. Tidak Bangun Relasi dengan Blogger Lain

Relasi jadi salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh para blogger. Kamu bisa membangun relasi bersama para blogger lainnya dengan bergabung dengan sebuah komunitas blogger yang ada saat ini. Selain itu, bergabung ke dalam komunitas bisa membuat kamu jadi lebih paham tentang hal-hal baru yang musti dipahami untuk menjadi seorang blogger yang andal.

5. Tidak Menerapkan SEO

Search Engine Optimazation atau SEO jadi salah satu hal penting yang juga harus kamu perhatikan. SEO membantu tulisan kamu agar mudah ditemukan oleh pembaca sehingga berpeluang besar untuk menembus algoritma Google dan menempatkan blog kamu berada pada halaman pertama di mesin pencarian.

Kira-kira beberapa hal di atas mungkin bisa menjadi penyebab dari masalah sepinya pengunjung yang ada di blog kamu. Tetap semangat dan konsisten dalam blogging yuk supaya apa yang kamu tulis dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Farhan Syah pada 16 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories