Ternyata, Lima Kebiasaan Ini Bikin Badan Cepat Lelah

Mudah Lelah? Bisa Jadi Anda Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Berikut (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Idealnya, tubuh akan merasa lelah setelah beraktivitas berat dan lama. Namun, jika Anda mudah merasa lelah dan kehabisan energi walaupun tidak melakukan aktivitas apa-apa, bisa jadi penyebabnya adalah karena Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. 

Berikut lima di antaranya.

1. Kurang tidur
Tidur adalah salah satu istirahat yang mampu mengembalikan energi dan membuat Anda merasa segar setelah bangun. Namun beberapa kesalahan berikut dapat menghambat manfaat istirahat Anda diantaranya jam tidur yang kurang hingga kualitas tidur yang kurang baik. 

Kualitas tidur yang kurang baik disebabkan oleh beberapa hal seperti konsumsi kafein yang berlebihan, jadwal makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur, hingga terlalu banyak paparan ponsel sebelum tidur.

Baca Juga: 

2. Stres
Stres dan gangguan kesehatan mental dapat membuat tubuh mudah lelah. Dilansir dari Huffington post 90% orang yang memiliki masalah mental mengaku mudah merasa kelelahan. Hal ini disebabkan karena mereka merasa tidak bersemangat ketika beraktivitas. Stres juga dapat merusak pola tidur seperti kekurangan jam tidur atau malah kelebihan jam tidur sehingga membuat istirahat mereka kurang berkualitas.  

3. Obesitas
Orang dengan obestitas mudah merasa lelah karena mereka memiliki bobot tubuh yang berlebih. Hal ini membuat tenaga yang dibutuhkan untuk beraktivitas juga bertambah. Kebutuhan oksigen pada jaringan tubuhpun akan meningkat seperti pada organ paru-paru, jantung dan otot.

Baca Juga: 

4. Mengonsumsi kopi dengan gula
Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dapat membuat seseorang mudah lelah. Inilah mengapa bukannya merasa segar, Anda malah merasa lelah setelah minum kopi.

5. Pola makan sembarangan
Menurut Ahli Gizi UM Surabaya, Tri Kurniawati pola konsumsi yang tidak teratur selama beraktivitas, dapat meningkatkan penggunaan cadangan energi otot. Akibatnya terjadi pengurangan glikogen otot yang dapat menimbulkan rasa lelah dan akan berbanding lurus dengan penurunan kadar glikogen otot. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories