Ternyata Kesehatan Mental Berpengaruh pada Kondisi Keuangan Anda

Ternyata Kesehatan Mental Dapat Berpengaruh pada Kondisi Keuangan Anda (Freepik.com/Tirachardz)

MAKASSARINSIGHT.com - Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental ternyata dapat memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak.

Kesehatan mental bahkan juga membantu menentukan bagaimana Anda menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Penelitian menunjukkan bahwa keuangan adalah penyebab stres nomor satu. Tidak bisa dipungkiri, ketidakpastian finansial dapat berdampak lebih dari sekadar kondisi rekening bank Anda. 

Baca Juga: 

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Psychosom Med pada 2016, stres karena keuangan dapat menimbulkan peningkatan stres psikologis, harga diri yang rendah, tegangnya hubungan interpresonal, dan kesulitan untuk menjadi produktif dan fokus di tempat kerja. Tidak hanya itu kesehatan mental yang buruk juga dapat menyebabkan adanya peningkatan tekanan finansial, dan sebaliknya.

Bagaimana Kesehatan Mental Memengaruhi Kondisi Keuangan?

Bagaimana Kesehatan Mental Memengaruhi Kondisi Keuangan?

Berikut beberapa efek kesehatan mental terhadap keuangan atau finansial Anda.

  1. Kondisi mental yang terganggu bisa jadi membuat Anda salah mengelola keuangan, sulit mengontrol pengeluaran, membayar tagihan, atau menganggarkan dengan tepat.
  2. Kondisi kesehatan mental tertentu dapat menimbulkan perilaku yang impulsif.
  3. Merasa tertekan juga dapat menyebabkan harga diri menjadi rendah. Hal tersebut akan membuat Anda jadi sulit mengejar peluang untuk meningkatkan penghasilan.
  4. Masalah kesehatan mental bisa jadi sangat parah sehingga Anda tidak dapat bekerja sama sekali. Hal ini tidak hanya akan memengaruhi penghasilan, tapi juga akan memengaruhi kemampuan Anda untuk mengakses asuransi kesehatan yang membuat Anda jadi lebih sulit mendapatkan bantuan ketika membutuhkan.

Itu tadi beberapa pengaruh kesehatan mental terhadap kondisi keuangan Anda. Masalah kesehatan mental dan ketidakamanan finansial memang sulit untuk ditangani sendiri, oleh karena itu jangan ragu untuk mendapatkan bantuan jika Anda merasa kewalahan.  

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 21 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories