PT PP-DLH Makassar Tanam Pohon di Kanal UMI Pampang, Restitusi Penebangan Pohon Proyek MGC

PT Pembangunan Perumahan didampingi Dinas Lingkungan Hidup Makassar melakukan penanaman pohon di Jalan Inspeksi Kanal, Pampang, Kecamatan Panakkukang, Ahad (23/7/2023). (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar mendampingi PT Pembangunan Perumahan (Persero) melakukan penanaman pohon jenis Ketapang Kencana di pinggir Kanal UMI, Jalan Inspeksi Kanal Pampang, Kecamatan Panakukang, Ahad (23/7/2023).

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Makassar Ferdy Mochtar mengungkapkan, DLH Makassar mendampingi PT PP (Persero) yang rencananya akan melakukan penanaman 150 batang pohon jenis Ketapang Kencana (Terminalia Mantaly).

Baca Juga: 

"Hari ini ada 100 pohon, PT PP (Persero) melakukan penanaman pohon sebagai restitusi dari penebangan pohon yang terkena dampak pembangunan Makassar Government Center. DLH melakukan pendampingan," kara Ferdy, Ahad (23/7/2023).

Lebih lanjut dia menyatakan Dinas Lingkungan Hidup telah mengeluarkan izin kepada PT Pembangunan Perumahan (PP) untuk melakukan penebangan dan relokasi pohon berjumlah 55 pohon yang terkena dampak pembangunan Makassar Government City (MGC) di Taman Macan.

Izin tersebut disertai kewajiban melakukan restitusi pohon sebanyak 7500 pohon bakau/magrove dan 300 pohon penghijauan dengan jenis Ketapang Kencana, Mahoni dan Tabebuia serta melakukan revitalisasi taman macan.

Ini sesuai dengan hasil kesepakatan rapat yang digelar pada  hari Senin, 17 Juli 2023 lalu yang melibatkan DLH Makassar, Dinas Pekerjaan Umum (DPU),  PT Fais Karya Konsultan dan PT PP (Persero) Tbk dan dihadiri ketua Forum Komunitas Hijau Kota Makassar.

Baca Juga: 

"Jadi hari ini Minggu ini direalisasikan penanaman pohon dari kewajiban sesuai kesepakatan rapat. Tahap awal dilakukan penanaman pohon sebanyak 100 pohon Ketapang Kencana," ujar Ferdy didampingi Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Makassar Azhar Anwar. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories