15 Komda Gojukai Ikuti Kejurnas Jaksa Agung Cup di Makassar, Kajati Sulsel: Upaya Hadirkan Atlet Unggul

Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Leonard Eben Ezer Simanjuntak sekaligus Ketua Umum Karatedo Gojukai Komda Sulsel secara resmi membuka perhelatan  Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Antardojo Gojukai  memperebutkan piala bergilir ‘Jaksa Agung Cup’.

Kerjurnas ini  dilaksanakan sdi JK Arenatorium/Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Hasanuddin, Makassar, selama dua hari,  17 dan 18 Juli 2023.

Leo Simanjuntak mengatakan, pelaksanaan Kejurnas ini merupakan rangkaian kegiatan  peringatan Hari Bhakti Adhyaksa, 22 Juli 2023.
Ini pun sekaligus mencetak atlet - atlet unggul yang dapat bersaing di level nasional hingga internasional.

Baca Juga: 

Sebenarnya Kejati Sulsel telah menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Gojukai pada 2022 lalu. Namun Kejati Sulsel meningkatkan level perhelatan tersebut lantaran diakui Leo Simanjuntak, potensi atlet cukup besar.

"Dalam rangka menyambut hari Adhiyaksa di mana Jaksa Agung menginstruksikan kita lebih dekat dengan masyarakat, salah satu program adalah membuat kembali kejuaraan karate. Namun kita tingkatkan karena potensi - potensi atlet karate kita di Sulawesi Selatan cukup bagus," ucap Leo kepada awak media.

"Sehingga kami beranikan agar memperebutkan piala Jaksa Agung,  ini pertama. Semoga tahun tahun berikutnya terus berlangsung. Ini menjadi agenda pusat. Dengan kegiatan ini kita berusaha menghasilkan atlet atlet untuk kita bisa bawa ke tingkat nasional dan internasional," sambungnya.

Menurut Leo Simanjuntak, Kejurnas ini sekaligus persiapan atlet untuk bertanding di ajang Internasional di Bangkok dan Tokyo tahun depan.

Langkah ini pun ditopang dengan memperkuat jaringan Komda Karate Gojukai di Sulsel. Di mana Leo Simanjuntak melantik  Ketua  Cabang Komda Karate Gojukai di 10 daerah  Sulawesi Selatan.

"Jadi kita coba dorong. Harapan kami dengan banyaknya cabang yang kita Lantik Gojukai Kabupaten Kota. Ini terus membangun pertandingan antar kabupaten mereka," ujarnya.

Leo Simanjuntak berharap, dalam upaya tersebut pemerintah daerah juga terlibat aktif terkait pengembangan atlet. Sehingga ia menginstruksikan kepada pimpinan cabang membangun konsolidasi dengan setiap stakholder.

Baca Juga: 

"Sudah kami sampaikan mereka konsolidasi memperhatikan.  Yang jelas kita menyaring atlet kita didaerah menyemangatkan kembali olahraga Gojukai," ujarnya.

Sementara Wakajati Sulsel, 
Set Tadong Allo selaku Ketua Panitia Kejurnas 
Karate Antardojo Gojukai  Jaksa Agung Cup mengatakan, pertandingan tersebut  memperebutkan 104 emas, 104 perak, dan 208 perunggu.

"Diikuti 45 kontingen dari 15 Komda Gojukai se Indonesia dengan jumlah atlet sebanyak 630 orang. Official sebanyak 107 orang,  jumlah wasit dan juri 67 orang," imbuhnya.***

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories