Budi Arie Dilantik jadi Menkominfo? Cek Faktanya

Budi Arie ketua umum dari Relawan Umum Pro Jokowi (Projo) dan Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) (kemendesa.go.id.)

MAKASSARINSIGHT.com - Budi Arie yang kini menjabat sebagai ketua umum dari Relawan Umum Pro Jokowi (Projo) dan Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) dikabarkan hendak dilantik oleh presiden menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) pada hari ini. 

“Benar, besok akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden di Istana. Untuk jabatan dan siapa yang dilantik kita lihat besok di istana,” ungkap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Bey Machmudin pada Minggu malam, dikutip dari Antara, Senin 17 Juli 2023.

Berdasarkan dari beberapa informasi yang dihimpun, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Budi Arie sebagai Menkominfo menggantikan posisi Johnny G. Plate yang saat ini tersandung dalam kasus korupsi proyek tower BTS.

Baca Juga: 

Menaggapi hal tersebut, Budi Arie mengaku hanya menunggu keputusan yang diberikan oleh presiden kepada dirinya nanti. “Kami menunggu pengumuman dari presiden karena itu hak prerogatif presiden” ujar Budi Arie mempertegas.

Nama Lain yang Mencuat

Adapun rencananya, Presiden Jokowi akan melakukan pelantikan Menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan tersebut merupakan bagian dari reshuffle (perombakan) kabinet. Acara Pelantikan tersebut rencananya dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari ini, Senin 17 Juli 2023 di Istana negara.

Mengenai siapa saja yang hendak dilantik presiden pada hari ini, terdapat beberapa nama yang mencuat. Selain Budi Arie, sejumlah nama pejabat dikabarkan akan turut dilantik untuk menempati beberapa bagian di kementerian. 

Mengenai nama-nama pejabat lain yang tercuat dan tersiar dalam pelantikan tersebut yaitu Nezar Patria sebagai Wamenkominfo, Rektor Universitas Moestopo Prof. Paiman Raharjo sebagai Wamendes PDTT, Wamen BUMN Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN, serta Djan Farid sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 

Baca Juga: 

Sepak Terjang Budi Arie

Mengenai sepak terjang Budi Arie, diketahui dirinya merupakan salah satu tokoh yang turut menjadi relawan pendukung Jokowi (Projo) pada helatan pilpres tahun 2014 dan 2019. Dalam karirnya sebagai seorang politisi, Budi Arie juga pernah menjadi Ketua DPD PDI dan Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta. 

Sebelum menjadi politisi, pria kelahiran 1969 ini diketahui juga pernah berkarier menjadi jurnalis pada beberapa media. Setelah itu Budi tercatat juga pernah menjadi Direktur Utama dalam beberapa perusahaan pada medio 2001 hingga 2014. Dirinya juga terlibat aktif dalam kegiatan organisasi semasa berkuliah di Universitas Indonesia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 17 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories