Menteri dan Wakil Menteri Baru Jokowi yang Dilantik Hari Ini

Presiden Joko Widodo melantik menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin 17 Juli 2023. (Setkab Presiden.)

MAKASSARINSIGHT.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih sederet nama nama untuk masuk ke jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (17/7). Salah satu yang disorot yakni Budi Arie Setiadi. Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) ini ditunjuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) baru.

Dia menggantikan politikus Nasdem, Johnny G Plate, yang didepak usai tersangkut kasus korupsi proyek BTS. Sebelumnya Budi Arie menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT). 

Terpilihnya Budi Arie cukup mengejutkan mengingat sebelumnya Hary Tanoesoedibjo yang digadang-gadang mengisi posisi tersebut. Budi Arie merupakan salah satu tokoh yang turut menjadi relawan Projo pada helatan pilpres tahun 2014 dan 2019. 

Dalam kariernya sebagai seorang politikus, Budi Arie juga pernah menjadi Ketua DPD PDI dan Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Baca Juga: 

Adapun posisi Budi Arie di Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tramsmigrasi, kini diisi Paiman Rahardjo. Dia adalah Rektor Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama, Jakarta yang baru dilantik pada Mei 2022. Paiman juga dikenal sebagai tokoh dalam kelompok relawan Sedulur Jokowi.

Mantan jurnalis yang juga korban Orde Baru, Nezar Patria, turut masuk gerbong. Dia kini menjabat Wamenkominfo. Berikut daftar menteri dan wamen baru yang dilantik menjelang konstelasi Pemilu 2024:

Baca Juga: 

Daftar Menteri dan Wamen Baru Kabinet Jokowi

- Menteri Komunikasi dan Informatika

Budi Arie Setiadi

- Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika

Nezar Patria

- Wakil Menteri Luar Negeri

Pahala Nugraha Mansury

- Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Paiman Rahardjo

- Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I

Rosan Perkasa Roeslani

- Wakil Menteri Agama

Syaiful Rahmat

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 17 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories