Menjadi Ambisius, Apakah Itu Bagus?

Apakah Menjadi Ambisius Itu Bagus? (Pexels / Andrea Piacquadio)

MAKASSARINSIGHT.com - Orang yang ambisius adalah mereka yang memiliki keinginan kuat untuk melakukan sesuatu, bahkan dalam menghadapi kerja keras.

Mereka memiliki tekad yang kuat untuk menyelesaikan sesuatu, terlepas dari biaya dan konsekuensinya.

Baca Juga: 

Beberapa orang merasa menjadi ambisius akan merugikan hubungan mereka dengan rekan kerja. Tak hanya itu menjadi ambisius juga mungkin tak baik untuk kesehatan mental karena terlalu menekan diri Anda untuk melakukan tugas terus menerus. Jadi apakah menjadi ambisius itu bagus?

Melansir dari laman website Better Help pada Rabu, 12/4/2023, menjadi orang yang ambisius adalah hal yang baik karena ambisius akan melahirkan dorongan untuk meju ke hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.

Selain itu rasa ambisius juga bisa menular. Jadi teman dan keluarga Anda yang melihat Anda bekerja keras mendapatkan hasil yang Anda inginkan mungkin akan mulai meniru perilaku tersebut.

Namun ternyata ambisi yang berlebihan juga tidak baik. Seperti dilansir dari laman website Harvard Business Review, ambisi yang berlebihan dapat merusak reputasi, hubungan, dan dapat menyebabkan bencana kegagalan.

Sementara di sisi lain, terlalu sedikit ambisi dapat membuat seseorang terlihat malas dan tidak termotivasi. Sedikit ambisi juga dapat menghasilkan kinerja yang biasa-biasa saja, kebosanan, dan rasa kesia-siaan yang suram.

Baca Juga: 

Memupuk tingkat ambisi pada kadar yang ideal memang tidaklah mudah. Masih melansir dari Harvard Business Review, Anda dapat menyusun ambisi menjadi tiga dimensi untuk menjaganya tetap seimbang yaitu dimensi kerja, pertumbuhan dan pencapaian.

Mengembangkan ketiga dimensi tersebut secara setara dapat membantu Anda mencapai tingkat ambisi yang sehat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories