Ingin Tetap Segar Saat Bangun Pagi? Lakukan Hal ini

Ingin Bisa Bangun Pagi dan Tetap Merasa Segar? Lakukan Hal ini

MAKASSARINSIGHT.com - Bangun sangat pagi seperti jam 4 atau jam 5 memang terasa seperti hukuman dan penuh tekanan untuk orang-orang yang tidak terbiasa.

Namun, jika Anda adalah salah satu orang yang ingin membentuk kebiasaan bagun pagi. Berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya.

1. Program tubuh Anda

Ketika ingin mulai bangun pagi, maka Anda harus merencanakannya. Rencana dapat membantu Anda memprogram dan mengatur tubuh Anda.

Tujuan tanpa rencana hanya akan menjadi harapan yang tak kunjung Anda wujudkan.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menganalisis berapa jam tidur yang dibutuhkan oleh tubuh Anda agar tetap berfungsi secara normal. Setelah menemukan polanya, Anda dapat mulai membuat jadwal tidur. Tentukan target bangun tidur Anda dan hitung mundur sesuai jam tidur yang Anda butuhkan. Di jam itulah Anda harus sudah menghentikan semua aktivitas dan bersiap untuk tidur.

Baca Juga: 

2. Miliki tujuan

Tujuan untuk bangun tidur jam 5 pagi bisa membantu meningkatkan motivasi Anda. Memiliki tujuan yang jelas bisa membantu Anda untuk tetap teguh meghadapi tantangan yang mungkin Anda temui dalam proses bangun pagi nanti.

3. Kembangkan rutinitas sore yang produktif

Kita memiliki kendali penuh atas aktivitas malam kita yang akan membuat kita bangun dari tempat tidur keesokan harinya. Manfaatkan aktivitas sebelum tidur ini untuk kegiatan yang memungkinkan Anda untuk bangun lebih awal di pagi hari.

Contohnya refleksi diri. Refleksi memungkinkan Anda untuk menjernihkan pikiran Anda dari sikap negatif ke positif dimana Anda dapat mengevaluasi aktivitas Anda.

4. Redupkan lampu

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cahaya putih atau biru cenderung mengacaukan ritme sirkadian Anda.

Saat mata Anda terkena cahaya terang, ritme tubuh Anda akan terdistorsi dan mencegah Anda untuk tertidur.

Tak hanya itu cahaya buatan seperti dari lampu atau gadget juga dapat menganggu kualitas tidur Anda.

5. Cuci muka atau mandi air dingin

Setelah bangun tidur, Anda mungkin masih merasa mengantuk dan lesu. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa lelah tersebut adalah dengan mencuci muka atau langsung mandi air dingin.

Air dingin mampu membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh Anda yang mengarahkan permintaan oksigen lebih tinggi dan membuat Anda mulai bernapas lebih dalam untuk melawan rasa lelah.

Baca Juga: 

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa bangun pagi dan tetap merasa segar. Semoga bermanfaat!
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories