Mau Sehat tapi Malas ke Tempat Gym? Coba Baca 5 Trik Ini

5 Trik Agar Tetap Sehat Tanpa Harus Keluar Uang di Gym (Freepik)

MAKASSRINSIGHT.com - Tubuh kita perlu tetap aktif secara fisik untuk menjaga kesehatannya. Banyak orang yang sering memanfaatkan gym untuk berolahraga karena memudahkan mereka mengakses alat-alat olahraga.

Akan tetapi, berlatih di gym tentu membutuhkan biaya keanggotaan yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda masih tidak konsisten untuk berolahraga, tentu rugi jika Anda harus mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak Anda gunakan.

Oleh karena itu, simak beberapa cara berikut agar tubuh Anda tetap bugar tanpa harus berolahraga di gym.

Baca Juga: 

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Tanpa Harus di Gym

Cara menjaga tubuh tetap sehat tanpa harus di gym

Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan Anda dengan langkah yang lebih mudah dan hemat.

1. Tetapkan Jadwal Olahraga yang Jelas

Sama seperti jadwal untuk bekerja dan lainnya, Anda bisa mencoba membuat jadwal untuk berolahraga selama seminggu agar konsisten dan tidak hanya melakukannya setiap kali Anda memiliki waktu luang. Usahakan hampir setiap hari Anda harus berolahraga di pagi hari atau saat istirahat makan siang. 

Tanpa keanggotaan gym, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk menjadwalkan latihan Anda. Putuskan kapan Anda akan berolahraga setiap hari dan teruslah untuk konsisten.

2. Manfaatkan Video dan Aplikasi Olahraga Gratis

Anda bisa memanfaatkan video dan aplikasi olahraga gratis. Ada banyak video workout atau olahraga di YouTube yang bisa Anda akses secara gratis. Pilih tipe atau jenis workout yang Anda inginkan dan Anda butuhkan lalu pilih levelnya, apakah untuk pemula atau advanced. Jangan lupa untuk selalu memahami tubuh Anda sehingga Anda tidak mengalami cedera ketika melakukan jenis gerakan yang berbahaya atau tidak Anda kuasai.

3. Dapatkan Beberapa Peralatan Dasar

Satu hal yang mungkin tidak bisa dilakukan bagi orang yang tidak berlangganan keanggotaan gym adalah memiliki akses ke semua peralatan olahraga tersebut. Anda bisa mengatasinya dengan membeli beberapa peralatan olahraga yang dasar, seperti dumbbell, resistance band, dan speed rope. 

4. Belajar Menyukai Jogging atau Berlari

Awal-awalnya Anda mungkin tidak suka berlari. Akan tetapi, berlari adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk menjaga kebugaran tubuh. Akan tetapi seringkali Anda harus memaksakan diri Anda untuk keluar rumah dan berlari. 

Anda juga bisa berinvestasi dengan membeli sepatu lari yang nyaman dan berkualitas agar pengalaman berlari Anda lancar dan nyaman. Selain itu, sepatu lari yang berkualitas juga akan mencegah Anda mengalami cedera.

5. Tetap Bergerak

Ketika Anda merasa malas, Anda bisa memaksa Anda untuk tetap bergerak meski tidak melakukan olahraga yang serius. Anda bisa mencoba tetap berjalan kaki agar tubuh Anda tetap aktif secara fisik.

Anda juga bisa menginstal aplikasi di ponsel untuk mengetahui berapa langkah dalam sehari yang telah Anda peroleh. Anda juga bisa menargetkan 10.000 langkah dalam sehari dan tantanglah diri Anda untuk melakukan lebih banyak. Hal ini akan membantu Anda membakar kalori di tubuh serta menjaga tubuh tetap bugar.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat tanpa harus keluar uang banyak di gym. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 23 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories