Gempa Landa Bantul-DIY Berkekuatan 6,4 SR, Hati-hati Gempa Susulan

Ilustrasi gempa bumi (Foto: istimewa)

MAKASSARINSIGHT.com - Gempa berkekuatan magnitudo 6.4 mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari ini, tanggal 30 Juni 2023 pukul 19:57:43 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 8.63 lintang selatan dan 110.08 bujur timur, dengan jarak sekitar 86 kilometer barat daya Bantul.

Gempa ini memiliki kedalaman sekitar 25 kilometer di bawah permukaan laut. Getaran yang kuat dirasakan di berbagai wilayah sekitarnya, termasuk Bantul dan sekitarnya. 

Baca Juga: 

Meskipun belum ada laporan resmi tentang kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini, namun berdasarkan sejumlah infirmasi di media sosial warga setempat dilaporkan merasakan getaran yang kuat.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gempa bumi dan meminta masyarakat untuk tetap tenang serta mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan. 

“Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” demikian anjuran dari BMKG sebagaimana dikutip dari laman resmi mereka. ***

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di halojatim.com oleh ifta pada 30 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories