Gara-gara 42 Rusa Norwegia Menyeberang Perbatasan, Rusia Ajukan Tuntutan Rp67 Triliun

(null)

MAKASSARINSIGHT.com, OSLO - Rusia menuntut kompensasi dari Norwegia atas rusa kutub yang melarikan diri yang memakan padang rumput Rusia. Nilainya mencapai hingga US$4,4 juta atau sekitar Rp67 triliun (kurs Rp15.200).

Kedua negara berbagi perbatasan yang sama di Arktik. Meskipun terdapat pagar untuk mencegah rusa kutub melintasi perbatasan, penghalang tersebut dibangun pada tahun 1954 dan beberapa bagiannya dalam kondisi rusak

Direktorat Pertanian Norwegia dalam sebuah pernyataan  31 Agustus 2023 yang dikutip Business Insider mengatakan pagar tua itu telah memungkinkan 42 rusa kutub menyeberang ke Rusia tahun ini. Binatang-binatang ini  mencari padang rumput yang lebih baik di Pasvik Zapovednik, sebuah taman nasional Rusia.

Baca Juga: 

Namun penyeberangan ini bisa memakan biaya yang besar. Rusia telah mengajukan satu klaim untuk penggembalaan rusa kutub.  Drektorat Pertanian Norwegia mengatakan  klaim dilakukan dengan dua cara berbeda dalam menghitung kompensasi.

Kedua metode tersebut memberikan hasil yang sangat berbeda. Yakni  sekitar US$4.700 hingga US$4,4 juta .  Klaim terakhir dihitung berdasarkan jumlah hari yang dihabiskan rusa untuk merumput di taman nasional.

Pihak berwenang mengatakan bahwa 40 dari 42 rusa kutub yang menyeberang ke Rusia telah dikembalikan dan disembelih karena takut mereka akan menyeberang ke Rusia lagi. Dua lainnya akan segera dikembalikan.

Sementara itu, direktorat pertanian Norwegia telah mengingatkan masyarakat untuk menjaga rusa kutub mereka. Rusa kutub digembalakan oleh penduduk asli Sami di Norwegia.  “Dilarang keras melintasi perbatasan ke Rusia, begitu juga dengan rusa kutub,” kata Direktorat Pertanian Norwegia dalam pernyataannya Kamis lalu.

Baca Juga: 

Norwegia juga memperbaiki bagian pagar rusa sepanjang 7 kilometer atau 4,3 mil dengan biaya 3,7 juta kroner. Perbaikan diharapkan selesai pada 1 Oktober. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 03 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Tags rusa kutubRusiaBagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories