Konsisten Majukan LST, Indosat Diganjar TrenAsia ESG Award 2023

Rahasia Indosat Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 (TrenAsia)

JAKARTA - PT Indosat Tbk (ISAT) berhasil meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan telecommunication provider predikat sustainability

Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia, Indosat berupaya menjalankan bisnisnya dengan tujuan positif. Yaitu connecting dan empowering

Connecting artinya perseroan bertekad menghadirkan jaringan yang lebih green untuk bisa memastikan sustainability atau kesinambungan antara bisnis dan planet. 

Sementara empowering artinya memberdayakan masyarakat Indonesia atau CSR melalui tiga pilar utama, community development, kemudian environment initiative, dan digital education. 

Digital education sendiri dilakukan lewat pengembangan talenta digital agar istilahnya tidak hanya layanan digitalnya saja yang dihadirkan perseroan tapi talendanya masih dari luar Indonesia.

Indosat juga memiliki program lingkungan bernama Sampah Jadi Pulsa. Program ini menjadi salah satu tanggung jawab sosial dalam pilar lingkungan. 

Melalui program ini, pengguna memungkinkan untuk menukar botol plastik bekas dengan pulsa IM3 atau Tri mobile melalui Reverse Vending Machine (RVM).

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya. Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Sebagai media online yang fokus pada berita ekonomi, bisnis dan investasi, geliat investasi berbasis Environment, Social, dan Governance (ESG) juga menjadi perhatian TrenAsia.com di bawah naungan PT Tren Media Berjejaring. 

Dalam setahun ke belakang, TrenAsia mencatat berbagai inisiatif ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang sudah memenuhi aspek ESG telah terbukti resilient di tengah tantangan ekonomi global.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com. 

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.

Editor: Redaksi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat semua artikel

Related Stories