Coba Nih, Tips Aman Berinternet Menggunakan VPN

Ini 3 Cara Aman Berinternet Menggunakan VPN (Freepik)

MAKASSARINSIGHT.com - VPN adalah kependekan dari Virtual Private Network. Dengan adanya VPN, Anda bisa memanfaatkan koneksi jaringan yang dilindungi ketika mengakses jaringan publik.

VPN bekerja dengan cara menyembunyikan IP address Anda dengan membiarkan jaringan mengalihkannya melalui server jarak jauh yang telah dikonfigurasi khusus yang dijalankan oleh host VPN. Itu artinya, Internet Service Provider (ISP) Anda dan pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat situs web mana yang sedang Anda kunjungi atau data apa yang Anda kirim dan terima secara online.

Dengan menggunakan koneksi VPN, Anda data Anda akan tetap Aman, menyamarkan keberadaan Anda, membuat Anda mampu mengakses ke konten regional, dan mengamankan data Anda saat transfer data.

Baca Juga: 

Cara Aman Mengakses Internet dengan VPN

Cara Aman Mengakses Internet dengan VPN

VPN akan mengenkripsi perilaku Anda di dunia maya, yang hanya dapat dikodekan dengan bantuan kunci. Kunci ini hanya diketahui oleh komputer atau perangkat Anda dan VPN. Jadi, ISP yang Anda gunakan tidak dapat mengenali tempat Anda berinternet. 

Biasanya, VPN yang berbeda akan menggunakan proses enkripsi yang berbeda, tapi umumnya berfungsi dalam tiga langkah, dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Setelah Anda online, Anda bisa mulai menyalakan VPN Anda. VPN bertindak sebagai terowongan aman antara Anda dengan layanan internet. ISP Anda dan pihak ketiga lainnya tidak dapat mengakses terowongan tersebut.
  2. Perangkat Anda sekarang berada di jaringan lokal VPN. IP address Anda dapat diubah menjadi IP address yang telah disediakan oleh server VPN.
  3. Kemudian, sekarang Anda bisa menjelajahi internet sesuka hati, karena VPN mampu melindungi semua data pribadi Anda.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara aman mengakses internet dengan VPN. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 11 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories