Chelsea Habiskan Rp5,3 Triliun untuk Transfer Pemain dalam Sebulan

Bos Chelsea, Todd Boehly (tengah) (Daily Mail)

MAKASSARINSIGHT.com—Chelsea bergerak super aktif di bursa transfer musim dingin Januari 2023 dengan membelanjakan dana Rp5,3 triliun. Gelontoran duit yang seolah tak ada habisnya itu menunjukkan ambisi bos anyar mereka, Todd Boehly, untuk berprestasi bersama klub. Sejumlah media di Inggris menyebut Boehly sedang membangun dinasti baru Chelsea.

Hal ini terlihat dari mayoritas pemain yang diboyong yang rata-rata masih berusia 18-22 tahun. Terkini, Chelsea baru saja memboyong gelandang 21 tahun asal Argentina, Enzo Fernandez, jelang penutupan bursa transfer musim dingin. Sang pemain didatangkan dari Benfica dengan transfer 120 juta euro atau setara Rp2,2 triliun. 

Jika ditotal, The Blues telah merogoh kocek sekitar 328 juta euro atau setara Rp5,3 triliun pada Januari 2023. Selain Enzo Fernandez, Chelsea merekrut Mykhaylo Mudryk (70 juta Euro), Benoit Badiashile (38 juta Euro), Noni Madueke (35 juta Euro), dan Malo Gusto (30 juta Euro). Chelsea juga berinvestasi pada Andrey Santos (12 juta Euro), David Fofana (12 juta Euro), hingga meminjam Joao Felix senilai 11 juta Euro. 

Baca Juga:

Sejumlah pemain seperti Santos dan Gusto kembali dipinjamkan ke klub lama dan baru akan bergabung di musim panas 2023. Belanja gila-gilaan itu melengkapi triliunan rupiah yang sudah dikeluarkan Boehly pada musim panas lalu dengan mendatangkan Raheem Sterling, Marc Cucurella, Kalidou Koulibaly hingga Wesley Fofana. 

Dilansir dari BBC, The Blues dinilai sedang membangun dinasti baru. Selain membeli pemain-pemain anyar, mereka memang mulai melepas amunisi lama seperti Jorginho. Sejumlah penggawa seperti Hakim Ziyech, N’golo Kante dan Cesar Azpilicueta juga kemungkinan besar dilepas. Kehadiran pemain-pemain baru sendiri diharapkan memberi efek instan bagi tim asuhan Graham Potter. 

Baca Juga: 

Chelsea kini sedang terseok-seok usah tertahan di papan tengah Liga Premier Inggris dan tersingkir dari Piala FA dan Piala Liga. Peluang meraih gelar yang realistis tinggal di Liga Champions. Mampukah Enzo Fernandez dkk. mengangkat performa The Blues?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 02 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories