Cegah Banjir, BPBD Makassar Bersihkan Drainase

BPBD Makassar lakukan pembersihan drainase untuk mencegah terjadinya banjir, Sabtu (27/1/2024). (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar melakukan kerja bakti serentak membersihkan drainase sebagai langkah pencegahan banjir di musim penghujan.

Kalaksa BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin memimpin puluhan personil yang menyisir inspeksi kanal PDAM di Jalan Abd Dg Sirua. Sabtu 27 Januari 2024

Hendra Hakamuddin menjelaskan bahwa aksi kerja bakti serentak dilakukan sebagai respons terhadap musim hujan yang tengah berlangsung.

Baca Juga: 

“Puluhan personil kita telah dikerahkan untuk membersihkan saluran air guna mencegah terjadinya genangan air dan banjir di berbagai wilayah kota Makassar,” ujarnya.

Dalam operasi pembersihan tersebut, puluhan sampah yang menyumbat saluran air berhasil diangkat menggunakan perahu khusus yang telah disiapkan sebelumnya.

Langkah ini diambil untuk memastikan saluran air tetap lancar dan bebas dari hambatan yang dapat menyebabkan genangan air.

Hendra Hakamuddin menegaskan pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan kerja bakti seperti ini, kita dapat mencegah dampak buruk dari genangan air dan banjir yang dapat merugikan warga kota Makassar,” tambahnya.

Baca Juga: 

Aksi heroik personil BPBD Makassar ini menjadi contoh nyata kepedulian terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat di tengah tantangan musim hujan.

Semangat kerja bakti yang dilakukan oleh mereka diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan menghadapi dampak musim hujan dengan langkah-langkah preventif. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Tags Drainase Makassar Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories