Opta Analyst Sebut Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 66 Persen

Striker Timnas Indonesia Rafael Struick (kanan) dibayangi pemain Vietnam dalam laga fase grup Piala Asia 2023 beberapa hari lalu. (PSSI.org)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA — Opta Analyst mengungkapkan Timnas Indonesia memiliki peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebesar 66,4%. Kemenangan Tim Garuda atas Vietnam beberapa hari lalu membuat mereka menjaga asa melenggang ke babak selanjutnya.

Keunggulan 1-0 atas Vietnam juga memastikan Timnas terhindar dari juru kunci grup. Di laga terakhir fase grup, Elkan Baggott dkk. akan menghadapi raksasa Asia, Jepang. Meski menghadapi lawan ekstra berat, Timnas masih dapat lolos dengan sejumlah syarat. 

Tim asuhan Shin Tae Yong akan lolos dengan status runner-up apabila menjinakkan Jepang pada laga hari Rabu, 24 Januari 2024. Apabila hasil imbang atau kalah, Indonesia pun masih bisa lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Ada empat tim peringkat ketiga terbaik yang berhak mengantongi tiket 16 besar.

Baca Juga: 

Timnas bahkan bisa lolos ke 16 besar Piala Asia sebelum duel lawan Jepang. Syaratnya, ada dua tim peringkat tiga dari grup A, B, dan C yang bermain lebih dulu hanya mengumpulkan dua poin di akhir fase grup. Jika kondisi itu terjadi, otomatis Indonesia mengunci posisi tiga terbaik walau kalah dari Jepang.

Kondisi tersebut membuat Opta memprediksi Timnas Indonesia memiliki peluang lolos sebesar 66,4%. Angka tersebut membuat Timnas punya peluang lebih besar dibanding sejumlah negara lain seperti Oman, Tajikistan, China, Suriah, Palestina, dan Lebanon yang belum meraih satu pun kemenangan.

Terkait peluang Timnas Indonesia duduk di posisi runner up, Opta menilai Timnas Indonesia hanya punya peluang sebesar 6,5%. Sementara itu, situasi di Grup A membuat peluang Indonesia lolos ke babak selanjutnya makin lebar. 

Berharap Bantuan Qatar

Di grup ini, Qatar selaku tuan rumah sudah lolos dengan enam poin dari dua laga. Di posisi dua ada China dengan torehan dua poin disusul Tajikistan dan Lebanon yang sama-sama punya satu poin. Ketiga tim ini sendiri sama-sama belum mencetak gol.

Baca Juga: 

Pada laga terakhir, Qatar akan menghadapi China. Sedangkan Lebanon bakal menghadapi Tajikistan. Situasi akan menguntungkan Timnas bila Qatar berhasil mengalahkan China. Hal tersebut membuat tim peringkat tiga grup A dipastikan hanya memiliki dua poin. Hal itu dengan catatan Tajikistan Vs Lebanon berakhir imbang. 

Jika tim peringkat tiga grup A mengakhiri fase grup dengan hanya dua poin, Timnas Indonesia bakal lebih dekat ke babak 16 besar. Marselino Ferdinan dkk. tinggal bergantung pada hasil di salah satu grup B atau C.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 23 Jan 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories