Arifin Madjid, Dari Guru Hingga Miliki Pengalaman Birokrasi Mumpuni

Arifin Majid (tengah - baju kuning). (IST)

MAKASSARINSIGHT.com -- Calon anggota legislatif DPRD Kota Makassar dari Partai Golkar, Drs Arifin Majid MM (ARMADA) akan bertarung di Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Mamajang, Mariso, Tamalate (Mamarita).

Caleg nomor urut 3 ini dikenal sebagai sosok birokrat. Pengalaman birokrasi yang mumpuni pun tak diragukan lagi. Ia purna tugas dengan jabatan terakhir sebagai Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora pada 2023 lalu.

Namun, awal karirnya justeru diawali sebagai seorang tenaga pendidik. Di sinilah ia mulai berkecimpung di bidang olahraga. Arifin menjadi guru olahraga di SD Mamajang pada 1984 lalu.

Baca Juga: 

"Saya memang tidak punya background pendidikan olahraga. Tetapi pada saat itu, setelah lulus SMA ada program pendidikan selama 6 bulan untuk bisa masuk di bidang olahraga," kenang Arifin.

Tugas utama sebagai guru menuntut dirinya untuk bisa menggali bakat siswanya di bidang olahraga. Tidak hanya di tingkat SD, tetapi dirinya pun pernah menjadi guru olahraga di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Selama 10 tahun, saya menjadi guru olahraga di 2 sekolah," ungkapnya.

Sementara karir birokrasinya mulai pada 2004. Ia mendapat amanah sebagai Kepala Seksi di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar.

Sejak itu, karirnya sebagai abdi negara terus menanjak. Di Pemkot Makassar, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) pada 2014-2015.

Dan pada 2016, Arifin mulai meniti karir birokrasi di Kemenpora. Di Kemenpora, ia sempat menjabat sebagai Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan dan Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda.

Selain itu, Arifin juga berkontribusi dalam sepak bola, khususnya klub kebanggaan Kota Makassar. Ia pernah menjadi Ketua Yayasan Suporter Makassar.

Bahkan, ia menjadi Manager PSM usia 15 dan 18 tahun. Prestasinya pun cukup membanggakan. Arifin mampu mengantarkan PSM selalu masuk 4 besar di liga sepak bola tanah air.

Baca Juga: 

Puncaknya, ia membawa PSM meraih juara Runner up pada saat dirinya menjadi manager di tengah persaingan sepak bola yang kompetitif saat ini.

Biodata
Nama : Drs Arifin Madjid MM
TTL : Makassar, 23 Februari 1963
Riwayat Pendidikan
1. S1 STIA Yappi
2. S2 Jurusan Manajemen Fakultas Ekononomi UMI 
Riwayat Jabatan : 
1. Guru Olahraga SD Mamajang (1984-1990)
2. Guru Olahraga SMP dan SMA Taman Siswa (1990-2004)
3. Dosen di STIA Yappi (2004)
4. Kepala Seksi (Kasi) Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Pemkot Makassar (2004-2007)
5. Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Sarana olahraga Dispora Makassar (2007-2014)  
6. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar (2014-2015)
7. Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora (2016-2018)
8. Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora (2018-2023)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories