Baca Nih, Asal-usul Penamaan Bulan Masehi, Baru Tahukan?

ilustrasi (d23.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Setiap tahun kita melakukan revolusi 365 hari, lima jam, 59 menit, dan 16 detik mengelilingi matahari. Einstein mengatakan bahwa waktu adalah sebuah ilusi — apakah kita tua atau muda, waktu berlalu atau merangkak tergantung pada kerangka acuan masing-masing. 

Sebagian besar dari kita manusia memiliki banyak hal untuk dilakukan dan terlalu sibuk untuk merenungkan ketidakterbatasan dan sifat ilusi waktu. Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana kalender itu muncul? Atau mengapa bulan pertama tahun ini disebut Januari? Setelah itu Februari dan seterusnya?

Kalender Gregorian — alias kalender Kristen atau Barat — saat ini merupakan kalender internasional yang paling banyak digunakan untuk mengukur waktu. Diperkenalkan oleh Paus Gregorius XIII pada tahun 1582, ini adalah kalender matahari 356 hari yang dibagi menjadi 12 bulan. 

Baca Juga: 

Kalender Gregorian mereformasi dan menggantikan kalender Julian yang diperkenalkan oleh Julius Caesar pada tahun 45 SM.

Sebelumnya juga ada kalender Romawi yang menjadi dasar kalender Gregorian kita saat ini. Kalender Romawi adalah kalender bulan yang sangat rumit yang memiliki 12 bulan tetapi hanya 10 bulan yang memiliki nama resmi. 

Mengapa? Karena musim dingin dianggap sebagai waktu yang mati dan tidak aktif dalam setahun dan musim yang dimaksudkan untuk istirahat. Jadi Romulus, raja pertama Roma yang legendaris pada tahun 735 SM, hanya menetapkan bulan Maret hingga Desember yang dianggap cocok untuk disebutkan. Kalender Romawi akhirnya direformasi dengan menambahkan Januarius dan Februarius sebagai dua bulan terakhir dalam setahun.

Bagaimana Setiap Bulan Mendapatkan Namanya?

Menariknya sebagian kehidupan kita dijalankan oleh Roma kuno. Nama bulan kita berasal dari dewa Romawi, pemimpin Romawi, festival dan ritual Romawi, dan bahkan angka Romawi. Jadi, saat Bumi berputar pada porosnya menuju hari lain, bulan mendapatkan namanya.

Januari

Bulan Romawi Januarius mengambil namanya dari dewa Romawi Janus, pelindung gerbang dan pintu. Janus biasanya digambarkan dengan dua wajah. Satu melihat ke masa lalu, yang lain melihat ke masa depan. Gerbang kuil Janus dibiarkan terbuka pada masa perang dan ditutup pada masa damai.

Februari

Berdasarkan kata Latin februa, yang berarti "membersihkan". Bulan Februarius Romawi dinamai Februalia, festival pemurnian dan penebusan Romawi. Februarius seiring waktu dipersingkat menjadi Februari.

Maret

Dinamakan berdasarkan untuk Mars, dewa perang Romawi. Maret disebut waktu ketika kampanye militer dilanjutkan setelah periode musim dingin yang mati dan tidak aktif. Maret juga merupakan musim dari banyak festival yang berkaitan dengan persiapan kampanye militer.

April

Berasal dari Aprilis yang berasal dari kata Latin aperire atau aperio. Kata ini berarti "membuka" atau "tunas". Menggambarkan gambar bunga musim semi dan semangat pembaruan, Aprilis akhirnya berevolusi menjadi April.

Mei

Dinamai dari dewi Romawi yang memelihara bumi Maia. Tugas dewi ini mengawasi pertumbuhan tanaman. May juga berasal dari kata Latin maiores yang berarti "sesepuh", yang dirayakan selama bulan musim semi.

Juni

June terinspirasi oleh Dewi Romawi Juno, pelindung pernikahan, persalinan, dan kesejahteraan wanita secara keseluruhan. Juno adalah istri mitologis Jupiteri. June juga berasal dari kata Latin juvenis yang berarti "anak muda".

Juli

Awalnya dinamai dari kata Latin quintilis, yang berarti angka lima. Diubah untuk menghormati Julius Caesar (100 SM–44 SM). Penting untuk dicatat bahwa dia adalah Julius di balik kalender Julian yang dia bantu kembangkan — pendahulu kalender Gregorian saat ini.

Agustus

Seperti asal mula bulan Juli, Agustus dinamai untuk menghormati seorang tokoh politik terkenal, kaisar Romawi pertama, Augustus Caesar (63 SM–14 M). Dia adalah keponakan dari Julius Caesar. Augustus berasal dari kata Latin eponymous, yang berarti, "mulia, terhormat dan agung."

Baca Juga: 

September

September berasal dari kata Latin septem, atau "tujuh" karena merupakan bulan ketujuh dalam kalender Romawi awal.

Oktober

Dari kata Latin octo, yang berarti "delapan", karena, Anda dapat menebaknya, Oktober adalah bulan kedelapan dalam setahun pada masa sebelum kalender Romawi awal. Beberapa upaya dilakukan untuk mengganti namanya oleh kaisar Romawi setelah mereka mengubah menjadi kalender 12 bulan, tetapi karena alasan yang tidak diketahui, upaya mereka tidak berhasil.

November

Jika Anda dapat menghitung sampai sepuluh dalam bahasa Latin, Anda mungkin melihat pola di sini. Dari kata Latin novem, yang berarti "sembilan," dan November adalah bulan kesembilan dari kalender Romawi awal.

Desember

Berasal dari ata Latin decem, yang berarti "sepuluh", menjadi bulan Desember, bulan kesepuluh dalam kalender Romawi awal.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 21 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories