Pendapatan Asli Kota Makassar Ditarget Naik Jadi Rp1,8 Triliun Tahun 2023 Ini

Uang

MAKASSARINSIGHT.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) Makassar tahun 2023 ini bisa naik mencapai Rp1,8 Triliun.

Target optimistis ini bisa dicapai menyusul dicabutnya status pembatasan kegiatan masyarakat oleh Presiden Joko Widodo pada akhir tahun 2022 lalu.

Kepala Bapenda Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan, target PAD Makassar tahun 2023 ini mencapai Rp 1,8 triliun. Jumlah tersebut naik ketimbang tahun 2022 lalu yang hanya diargetkan sebesar Rp1,35 triliun.

Baca Juga: 

“Kita akan optimalkan target Rp 1,8 triliun ini untuk tahun 2023. Karena kan status PPKM sudah dicabut, jadi kita naikkan,” jelas Firman Hamid Pagarra Sabtu (21/1/2023).

Kontribusi PAD Kota Makassar sendiri dalam jumlah yang besar dihasilkan di beberapa sektor. Diantaranya, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (PHTB).

Kedua sektor ini, merupakan yang terbesar dalam mendongkrak penerimaan PAD tahun 2022. Sehingga, diharaokan kedua sektor itu, kembali mampu berkontribusi besar.

Baca Juga: 

“Potensi PBB dan PHTB ini akan kembali kita maksimalkan. Kita juga akan melakukan sosialisasi hingga menindak bagi yang belum membayar,” tegasnya.

Tindakan tegas perlu lagi kita lakukan bagi yang belum membayar. Ketika ada potensi PBB dan PHTB yang baru kita maksimalkan,” ucap Firman. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories