Untuk Pelaku Usaha, Ini Cara Mudah Membuat QRIS Agar Transaksi Lebih Mudah

Pemilik Usaha Merapat! Cara Mudah Membuat QRIS Agar Penjualan Makin Cuan (Bank Indonesia )

MAKASSARINSIGHT.com - Saat ini, QRIS telah menjadi pilihan pembayaran yang populer di Indonesia. Bank Indonesia mencatat, sampai dengan Juni 2023, jumlah merchant QRIS telah mencapai angka 26,7 juta dengan total jumlah pengguna QRIS sebanyak 37 juta. Jumlah tersebut sudah mencapai 82% dari total target pengguna 45 juta di tahun 2023. 

QRIS tumbuh dengan pesat menyesuaikan anak muda jaman sekarang yang aktif dengan mobilitas tinggi.

Bagi Anda para pemilik usaha, QRIS bisa membuat toko Anda memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan memuaskan. Pelanggan tidak perlu antri lama atau pun menunggu uang kembalian, sehingga semuanya jadi lebih cepat dan nyaman. 

Manfaat QRIS untuk Usaha 

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, beragam keuntungan bisa Anda dapatkan ketika menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran usaha Anda. Diantaranya adalah:

Baca Juga: 

1. Meningkatkan Penjualan

Sebagai merchant QRIS, Anda dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran, sehingga berpotensi meningkatkan peluang penjualan Anda.

2. Lebih Praktis

Satu kode QR diterima oleh semua aplikasi pembayaran sehingga pelanggan akan senang karena merasa dimudahkan.

3. Lebih Efisien

Mengurangi biaya pengelolaan kas dan memudahkan pencatatan keuangan. Dengan QRIS tidak perlu lagi repot mencari uang kecil untuk kembalian dan tidak lagi harus setor tunai hasil penjualanmu ke ATM/bank. Semua transaksi tercatat dengan baik, membuat pencatatan keuanganmu menjadi lebih mudah dan efisien.

4. Keamanan Transaksi

QRIS memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dalam transaksi non-tunai. Kamu tidak perlu khawatir tentang menerima uang palsu atau kehilangan uang tunai.

5. Meningkatkan Branding

Dengan menerima pembayaran melalui QRIS, usaha Anda menjadi lebih up-to-date dan bisa meningkatkan branding usaha Anda.

Cara Mendaftar QRIS Merchant

Cara membuat QRIS untuk merchant juga terhitung mudah berikut adalah langkah-langkahnya. 

1. Pilih PJP QRIS yang Berizin Bank Indonesia

Anda perlu memilih Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) yang berizin oleh Bank Indonesia. PJP ini akan menjadi mitra Anda dalam proses pendaftaran dan penggunaan QRIS. Anda dapat mengakses informasi mengenai PJP yang berizin di situs web Bank Indonesia di sini  dan pilih kategori “QRIS" 

2. Kunjungi PJP QRIS

Kunjungi kantor PJP penyelenggara QRIS yang berizin Bank Indonesia. Jika tersedia, Anda juga dapat mendaftar secara online melalui situs web PJP tersebut.

3. Tunggu Proses Verifikasi dan Pembuatan Merchant ID

Jika dokumen Anda telah diverifikasi, PJP akan membuatkan Anda Merchant ID dan kode QRIS khusus untuk usaha Anda.

Baca Juga: 

4. QRIS Merchant Siap Digunakan

Setelah langkah-langkah di atas selesai, QRIS Merchant Anda siap digunakan. Anda dapat menampilkan QRIS di tempat pembayaran atau di dekat kasir toko Anda. 

Perlu diingat bahwa biaya dan persyaratan pendaftaran QRIS dapat berbeda-beda tergantung pada PJP yang Anda pilih. Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya dan persyaratan tambahan, silakan hubungi PJP QRIS yang Anda pilih. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 06 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Tags Cara Membuat QRIS Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories