Ternyata Ini Alasan Kenapa Kita Tidak Peka Bau Badan Sendiri

(null)

MAKASSAINSIGHT.com - Sangat mudah untuk mencium aroma keringan atau bau mulut orang, namun tampaknya jauh lebih sulit untuk mengukur bau kita sendiri,  namun tampaknya jauh lebih sulit untuk mengukur bau kita sendiri. Jadi mengapa kita tidak bisa mencium aroma  kita sendiri dengan kepekaan yang sama?

Meskipun indra penciuman kita sering disamakan dengan spesies yang mengendus seperti anjing, tikus, dan babi, manusia sebenarnya tidak buruk dalam hal penciuman. Dan dalam beberapa kasus dapat mengungguli hewan pesaingnya.

Hidung kita memiliki sekitar 400 reseptor penciuman berbeda yang mampu mendeteksi 10 jenis bau dan lebih dari 1 triliun aroma.  Penciuman juga diperkirakan merupakan salah satu indra pertama yang dikembangkan manusia.

Baca Juga: 

Sebuah penelitian menemukan bahwa manusia lebih baik dalam mendeteksi senyawa aromatik tumbuhan dibandingkan anjing. Ini  berkat sejarah evolusi kita sebagai pemburu-pengumpul.

Meskipun kita  bisa mencium bau kita sendiri – dengan mengendus ketiak misalnya– seiring berjalannya waktu, kita memang akan menjadi tidak peka terhadap aroma tertentu.

“Hal yang sama juga terjadi pada bau apa pun yang rutin kita temui seperti parfum atau bagian dalam rumah kita,”  kata  Hiroaki Matsunami, ahli neurobiologi molekuler di Duke University dikutip Live Science Rabu 6 September 2023.

Proses ini dikenal sebagai kelelahan penciuman. Penyebabnya belum sepenuhnya dipahami tetapi diduga karena perubahan pada reseptor penciuman atau cara otak merespons suatu penciuman. Dan kondisi ini  dapat diatur ulang dengan mencium area yang lebih lebih berbau seperti siku atau lengan bawah.
Unik

Sedangkan menurut Rachel Herz, ahli saraf di Brown University kemampuan kita untuk mendeteksi bau kita sendiri juga meningkat dalam situasi tertentu. “Kita memiliki bau badan yang unik, jadi kita benar-benar menyesuaikan diri dengan perubahan apa pun pada bau badan tersebut,” katanya kepada Live Science.

Misalnya, jika Anda makan sesuatu yang berbau bawang putin atau mengalami hari yang penuh tekanan, kemungkinan besar Anda akan mencium baunya melalui keringat dan air liur.

Penelitian juga menemukan hubungan antara bau dan lebih dari selusin penyakit. Napas yang berbau seperti buah busuk bisa menjadi indikasi diabetes yang tidak diobati. Sedangkan tifus membuat keringat Anda berbau seperti roti yang baru dipanggang.  

Penyakit Parkinson diduga mengeluarkan bau kayu dan musky.

Selain kesehatan, aroma kita juga terkait dengan hubungan sosial kita. Dalam sebuah penelitian terkenal pada tahun 1995, para ilmuwan meminta wanita untuk mengendus kaos pria yang menghindari produk beraroma.  Masing-masing perempuan memiliki preferensi yang kuat.

Para peneliti menghubungkan mereka dengan serangkaian gen yang disebut major histocompatibility complex (MHC) yang mengkode peptida yang digunakan sistem kekebalan untuk menandai penyerang asing.  

Wanita lebih menyukai aroma pria dengan gen MHC yang berbeda dengan mereka. “Alasannya masih diperdebatkan,”  kata Matsunami, namun ada kemungkinan bahwa memiliki anak dari seseorang yang memiliki kombinasi gen MHC berbeda dapat memberikan anak tersebut kekebalan terhadap lebih banyak penyakit.

Bahkan ketika kita mendorong pasangan seksual yang secara genetik berbeda, kita menggunakan aroma untuk menilai kesamaan teman-teman kita. Dan  sering kali lebih memilih mereka yang berbau seperti kita karena tinggal di lingkungan yang sama.

“Kita menggunakan indra penciuman sebagai cara untuk menilai orang lain versus diri sendiri, dan memiliki kualifikasi berbeda untuk peran yang kami ingin orang tersebut isi,” kata Matsunami.

Baca Juga: 

Karena sebagian besar manusia adalah makhluk visual, penciuman belum mendapat perhatian yang sama seperti indera lainnya. Masih banyak aspek yang belum diketahui. Namun pandemi COVID-19 menghidupkan kembali minat terhadap penciuman, karena banyak orang kehilangan kemampuan tersebut dalam beberapa hari, minggu, atau tahun setelah terinfeksi.

Virus ini tampaknya tidak menghancurkan reseptor aroma atau neuron penciuman, jadi tidak jelas mengapa hal itu terjadi, kata Herz. “Tetapi saya benar-benar berharap ketertarikan terhadap penciuman ini tidak hilang begitu saja dan akan ada minat dan kesadaran serta pengakuan yang berkelanjutan bahwa penciuman sebenarnya sangat penting dan terhubung dengan segala hal dalam hidup kita.”  (*)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories