Sheikh Jassim Crazy Pemilik Baru Klub MU yang Punya Kekayaan Rp5.331 triliun

Kekayaan Sheikh Jassim Crazy Rich Qatar, Penerus Tahta Keluarga. Glazer di Man United (www.timeout.com)

MAKASSARINSIGHT.com – Sheikh Jassim crazy rich asal Qatar dikabarkan mengalahkan pengusaha asal Britania Raya Sir Jim Ratclife dalam proses akuisisi kepemilikan Manchester United dari tahta keluarga Glazer.

Melansir The Sun, Kamis 24 Agustus 2023, Sheikh Jassim crazy rich Qatar itu berhasil memenangkan bidding pembelian Man United senilai 6 miliar poundsterling atau setara 116.96 triliun. (Asumsi kurs, Rp19.411,95 per satu pounds).

Kabarnya, proses akuisisi Man United oleh Sheikh Jassim akan dirampungkan seluruhnya pada pertengahan Oktober 2023 mendatang. Jika transaksi terealisasi, maka klub berjuluk Setan Merah bakal menjadi tim olahraga termahal di dunia yang diakuisisi, mengalahkan Chelsea yang dibeli oleh Todd Boehly pada pertengahan 2022 dari Roman Abramovich senilai 4 miliar pounds setara Rp77 triliun. 

Baca Juga: 

Melansir situs resmi Man United, diketahui keluarga Glazer membeli mayoritas saham Setan Merah pada 2005 dengan nilai mencapai 790 juta pounds atau setara 14,73 triliun.

Di bawah kendali pengusaha asal Amerika Serikat itu, pada 2012, Man United Initial Public Offering (IPO) di New York Stock Exchange (NYSE) dan mampu mengumpulkan dana mengumpulkan sekitar US$233 juta (sekitar Rp 3,66 triliun) dengan valuasi US$ 2,3 miliar (Rp36,12 triliun).

Menukil Reuters, pada Oktober 2022, keluarga Glazer di luar dugaan menuruti permintaan suporter Setan Merah dengan mengumumkan akan menjual Man United. Hal itu langsung berdampak signfikan pada saham MU di NYSE yang melonjak 19 persen dengan valuasi klub mencapai US$2,46 miliar (Rp 38,63 triliun).

Kekayaan Sheikh Jassim

Berikut ini profil dan kekayaan Sheikh Jassim crazy rich asal Qatar yang diwartakan The Sun sebagai calon penerus tahta keluarga Glazer di Man United yang dilansir TrenAsia.com dari berbagai sumber.

Menukil pemberitaan Manchester Evening News, kekayaan kolektif dan bersih Sheikh Jassim ditaksir mencapai 275 miliar pounds atau sekitar Rp5.331 triliun. Jika jumlah tersebut benar, dapat dipastikan crazy rich asal Qatar itu sangat layak mengakuisisi Man United dari tahta keluarga Glazer.

Diketahui Sheikh Jassim merupakan putra kedua mantan perdana menteri Qatar, Sheikh Hamad bin Jassim Al-Thani atau biasa disapa akrab HBJ. Ditaksir kekayaan beliau mencapai US$1,2 miliar atau sekitar Rp17,86 triliun.

Baca Juga: 

Kendati demikian, orang-orang di Timur Tengah khususnya Doha, Qatar memperkirakan kekayaannya lebih dari nilai tersebut. Bahkan, ayah Sheikh Jassim disebut-sebut turut terlibat dalam pembelian klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) beberapa tahun lalu.

Terkini Sheikh Jassim tercatat sebagai Chairman Qatar Islamic Bank (QIB). Diketahui QIB adalah salah satu bank terbesar di Timur Tengah. Data Forbes mencatat bank tersebut, masuk ke dalam daftar 30 perusahaan paling bernilai di Qatar, yakni duduk di peringkat ketiga.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 24 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories