Sebelum Masak, Baca Dulu 5 Rekomendasi Masakan Khas Iduladha Ini

5 Rekomendasi Masakan Khas Iduladha, Ada Favoritmu? (freepik.com/freestockcenter)

MAKASSAINSIGHT.com - Tidak terasa Iduladha 1444 H tinggal menghitung hari lagi. Pemerintah Indonesia bahkan juga telah secara resmi menetapkan libur Hari Raya ini selama tiga hari yaitu sejak 28 Juni sampai 30 Juni 2023.

Perayaan Iduladha bagi umat muslim akan diselenggarakan dengan Salat Ied terlebih dahulu. Kemudian, umat muslim akan menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, lalu daging hasil penyembelihan tersebut akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Hewan kurban yang disembelih di Indonesia mayoritas yaitu sapi, kambing, dan domba. Bagi Anda yang bingung mengolah daging-daging hewan kurban tersebut, Anda bisa memasaknya menjadi hidangan khas Iduladha berikut ini.

Baca Juga: 

Rekomendasi Hidangan Daging Kambing dan Sapi Khas Iduladha

Rekomendasi Hidangan Daging Khas Iduladha

1. Rendang

Rendang adalah masakan berbahan dasar daging sapi khas Indonesia yang berasal dari Minangkabau di Sumatera Barat. Rasanya yang nikmat membuat rendang terkenal bahkan selalu jadi wishlist ketika mengunjungi rumah makan Padang.

Rendang terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan prosedur masaknya yang lama. Hal ini karena rendang dimasak dengan rempah-rempah yang banyak sehingga memiliki rasa yang khas. Selain itu, rendang yang dimasak lama dan dengan menggunakan rempah-rempah yang banyak ini diketahui bertujuan agar masakan bisa awet meski dimasak di iklim yang panas dan tropis seperti di Indonesia. 

2. Tongseng

Tongseng adalah salah satu masakan yang bisa Anda sajikan ketika Iduladha. Dengan melimpahnya daging kambing, Anda bisa memasaknya sebagai tongseng karena bisa dikonsumsi untuk lebih dari satu kali waktu makan.

Tongseng memiliki rasa yang manis, pedas, sekaligus gurih. Biasanya, daging kambing yang dimasak menjadi tongseng akan dibumbui kecap manis, kol parut, tomat, dan santan. Tidak mengherankan jika tongseng dianggap sebagai masakan yang menjadi kombinasi antara sate, gulai, dan kari khas Indonesia.

Masakan khas Jawa Tengah ini memiliki cita rasa yang lezat karena kaya akan rempah-rempah dan santannya memberikan tekstur yang lembut. Biasanya, tongseng memang menggunakan daging kambing, tapi Anda juga bisa menggantinya dengan daging sapi bahkan daging ayam.

3. Sate Kambing

Sate kambing adalah masakan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari daging kambing sebagai bahan utamanya. Daging kambing yang sudah dipotong-potong akan direndam dalam kombinasi bumbu-bumbu seperti kecap manis, lengkuas, bawang merah, nanas, dan cabai.

Setelah direndam, daging akan ditusuk menggunakan tusuk sate yang lebih tebal daripada tusuk yang digunakan sate ayam karena daging kambing memiliki tekstur yang lebih keras daripada daging ayam. Kemudian, daging tersebut akan dibakar lalu disajikan menggunakan saus kecap manis, saus kacang, bawang merah, tomat, cabai rawit. Sate kambing biasanya dikonsumsi bersama dengan nasi putih.

4. Gulai Kambing

Gulai kambing adalah masakan semur tradisional asal Indonesia. Gulai kambing biasanya dibuat dari kombinasi bahan daging domba atau kambing, santan, gula aren, kaldu ayam, garam, merica, kayu manis, kapulaga, cengkeh, daun salam, sereh, daun jeruk purut, dan minyak.

Selain itu, untuk memasak gulai kambing juga dibutuhkan pasta bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, kemiri, kunyit, ketumbar, dan jintan. Bumbu digoreng dengan minyak lalu daging dimasukkan ke dalam wajan dengan santan dan bumbu lalu direbus sampai daging menjadi empuk serta kuahnya berkurang setengahnya. Gulai kambing sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih yang hangat.

5. Tengkleng

Tengkleng adalah sup kambing yang merupakan masakan khas daerah Surakarta, Jawa Tengah. Tengkleng menggunakan bahan-bahan berupa tulang kambing yang masih ada dagingnya lalu dimasak dalam kuah encer berbahan dasar santan yang diperkaya dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti kunyit, sereh, lengkuas, jinten, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah. Ada juga yang menambahkan beberapa jeroan kambing di masakan ini.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa rekomendasi hidangan atau masakan khas Indonesia yang bisa Anda sajikan saat lebaran atau Iduladha nanti. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 26 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories