SAH!!! KPU Tetapkan 3 Pasangan Sebagai Capres-Cawapres di Pemilu 2024

Komisioner KPU bersama Ketua KPU saat jumpa pers penetapan Capres-Cawapres, Senin 13 November 2023 (Tangkapan Layar Youtube KPU)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tiga pasangan sebagai daftar tetap Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilu 2024 pada Senin, 13 November 2023. Ketiga pasangan tersebut yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno tertutup. “KPU menyatakan Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak A. Muhaimin Iskandar yang diusulkan oleh partai politik Partai NasDem, PKB, PKS, telah dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu Serentak 2024,” ujar Komisioner KPU Idham Holik dalam keterangan pers, dikutip dari siaran YouTube KPU.

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo dan M Mahfud MD yang diusulkan PDIP, PPP, Perindo, Hanura serta pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Partai Garuda juga telah dinyatakan memenuhi syarat.

Baca Juga: 

Pada kesempatan tersebut, KPU menyampaikan penetapan ketiga pasangan Capres-Cawapres itu dilakukan pada pukul 14.02 WIB, tepatnya 14.00 WIB lewat 2 menit dan 24 detik. “Kami memilih waktu jam 14.00 WIB lewat 2 menit dan 24 detik menjadi pesan simbolik, itu adalah hari pemungutan suara nanti,” ujarnya. Angka itu dimaknai sebagai tanggal pencoblosan dalam pemilu mendatang pada 14 Februari 2024.

Adapun agenda selanjutnya yakni pengundian nomor urut pasangan Capres-Cawapres pada Selasa 14 November 2023. Agenda tersebut rencananya bakal digelar pada pukul 19.00 WIB dengan mengundang para Capres-Cawapres hingga parpol yang mengusungnya. Acara tersebut juga akan disiarkan langsung melalui saluran Youtube KPU.

Sebelumnya, tiga pasangan Capres-Cawapres telah mendaftarkan diri ke KPU saat masa pendaftaran pada 19-25 Oktober 2023. Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi yang pertama mendaftar. 

Baca Juga: 

Anies-Cak Imin langsung mendaftar ke KPU pada hari pertama dibukanya pendaftaran. Keduanya menuju KPU dengan konvoi menggunakan mobil jip yang telah disiapkan. Adapun pasangan kedua yang mendaftar yaitu pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Keduanya mendaftar ke KPU pada hari yang sama namun jam yang berbeda dengan Anies-Cak Imin. Pasangan tersebut resmi mendaftarkan diri ke KPU setelah sebelumnya telah mengumumkan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

Terakhir, pasangan yang mendaftar ke KPU yaitu pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pasangan ini baru mendaftar ketika hari terakhir pendaftaran bakal Capres-Cawapres.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 13 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories