Wajib Baca Nih, Cara Menghapus Cache di Aplikasi Android Agar Ponsel Tidak Lemot

Cara Menghapus Cache di Aplikasi Android Agar Ponsel Tidak Lemot (Freepik)

MAKASARINSIGHT.com - Menghapus cache di ponsel Android tampaknya menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah ponsel sekaligus mengosongkan storage. Hal ini karena file cache cenderung bersifat sementara dan dapat dihapus tanpa mengganggu kinerja aplikasi Android.

File cache yang menumpuk di ponsel Android akan membuat smartphone jadi lemot. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghapus cache di aplikasi Android.

Baca Juga: 

Cara Menghapus Cache Aplikasi di Ponsel Android

Anda dapat menghapus cache aplikasi di ponsel Android untuk memperbaiki masalah smartphone yang terasa lemot. Selain itu, menghapus file cache juga akan membebaskan storage ponsel.

  1. Untuk memulainya, cobalah membuka aplikasi Settings atau Pengaturan di ponsel Android Anda. Kemudian pilih Apps.
  2. Pada halaman ‘Apps’, di samping tulisan ‘Your apps’ klik menu hamburger (tiga garis horizontal) yang ada.
  3. Sekarang, Anda bisa menyortir aplikasi berdasarkan ukurannya, sehingga aplikasi dengan ukuran terbesar akan muncul di bagian atas daftar. Perhatikan bahwa sebetulnya cara ini tidak selalu menempatkan aplikasi terbesar yang menggunakan cache ada di urutan teratas, tapi tetap saja langkah-langkah ini tetap membantu.
  4. Di menu yang sudah terbuka, di bagian ‘Sort by’, pilih ‘Size’. Kemudian, di bagian bawah tap OK.
  5. Dari daftar aplikasi di layar Anda, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya.
  6. Di halaman aplikasi, scroll ke bawah sedikit lalu pilih Storage.
  7. Pada halaman Storage, di samping Cache Anda akan melihat ukuran cache saat ini untuk aplikasi yang Anda pilih. Untuk menghapus cache, di pojok kanan bawah layar, tap opsi ‘Clear cache’.
  8. Ponsel Anda akan menghapus cache aplikasi yang dipilih tanpa perintah apapun.

Perlu Anda ketahui bahwa saat Anda mulai menggunakan aplikasi, maka aplikasi tersebut akan membuat ulang file cache untuk memberikan Anda pengalaman menggunakan aplikasi yang lebih baik. Sebetulnya, Anda tidak perlu membersihkan cache setiap hari sekali. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda melakukannya sesekali, terutama saat Anda mengalami masalah terkait aplikasi di ponsel seperti kinerjanya yang lemot atau lambat.

Itu tadi cara membersihkan cache aplikasi Android yang menyebabkan ponsel jadi lemot. Dengan dihapusnya file cache dari ponsel Android Anda, Anda akan memiliki lebih banyak ruang penyimpanan atau storage di ponsel Anda. Anda bahkan juga bisa menemukan bahwa masalah tentang kinerja aplikasi yang lambat di ponsel Android Anda telah hilang.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 13 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories