Putus Kontak Selama 3 Hari, Mentan SYL Dikabarkan Sedang Pengobatan

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (Facebook Kementan RI)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Publik sempat dihebohkan kabar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo hilang kontak dan belum diketahui keberadaannya usai melakukan kunjungan kerja ke Italia dan Spanyol. 

Mentan seharusnya dijadwalkan telah tiba di tanah air pada 30 September atau 1 Oktober 2023 lalu. Pihak Kementerian Pertanian juga belum bisa menghubungi serta mengetahui keberadaan dari Syahrul Yasin Limpo tersebut.

Belakangan diketahui Syahrul Yasin Limpo sedang berobat terkait masalah prostat yang dideritanya. Mentan dikabarkan akan segera kembali ke Indonesia pada 5 Oktober 2023. “Kena prostat, dipastikan segera kembali ke Indonesia tanggal 5 Oktober,” ujar Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, dikutip Rabu 4 Oktober 2023.

Informasi menghilangnya Mentan pertama kali diketahui dari Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. Wamentan mengatakan belum bisa menghubungi Syahrul usai kunjungan kerja di negara Eropa tersebut. 

Baca Juga: 

“Sabtu 30 September atau Minggu 1 Oktober 2023 harusnya (SYL) sudah kembali (ke Indonesia). Baru dua, tiga hari (tidak bisa berkomunikasi dengan SYL),” ujar Harvick usai rapat terbatas di Istana, dikutip dari Antara, Rabu 4 Oktober 2023.

Syahrul Yasin Limpo diketahui memang berada di luar negeri untuk melakukan kunjungan kerja bersama dengan beberapa staf Kementan dan pejabat eselon I, II. Mentan meninggalkan Indonesia sejak tanggal 24 September 2023 kemarin.

Dalam perjalanan kembali ke tanah air, rombongan tersebut berpisah sebab tiket pesawat yang terbatas menyebabkan mereka tidak bisa bersama dalam satu rombongan. “Karena mungkin juga tiket terbatas akhirnya terpisah,” ujar Harvick.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly memastikan Mentan memang belum kembali ke Indonesia. Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim juga menyatakan Mentan belum termonitor berada di Tanah Air berdasarkan sistem imigrasi.

“Belum, belum masuk Indonesia (Syahrul Yasin Limpo),” ujar Yasonna. Kemenkumham terkait hal ini juga belum menerima surat pencegahan terhadap Syahrul Yasin Limpo dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Harvick jadi Menteri Ad Interim

Menghilangnya Syahrul Yasin Limpo telah sampai telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh sebab itu Presiden Jokowi kemudian menunjuk Wamentan untuk menduduki posisi Syahrul sebagai Menteri ad interim

“Memang saya ditunjuk jadi Menteri ad interim,” ujar Harvick. Kondisi itu dilakukan sebab untuk mengisi kosongan karena Kementerian tersebut harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: 

Diketahui KPK sebelumnya menggeledah rumah dinas milik Syahrul Yasin Limpo yang berada di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023. Dalam penggeledahan, KPK menemukan uang puluhan miliar dan sejumlah senjata api. 

Barang bukti tersebut sudah disita lembaga antirasuah. Penyidik juga menyita dokumen seperti catatan keuangan dari pembelian aset bernilai. Terkait dugaan korupsi yang dilakukan, KPK belum membeberkannya lebih jelas sebab masih dalam tahap penyelidikan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 04 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories