PSM Makassar Taklukkan Persib Bandung, Pasukan Ramang Kembali ke Puncak Klasemen Liga I

(null)

MAKASSARINSIGHT.com – PSM Makassar sukses menaklukkan Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023). Pasukan Ramang menang 2-1 dari Maung Bandung. 

Kemenangan ini membuat Pasukan Ramang mematahkan rekor Persib Bandung yang tak terkalahkan selama 15 laga beruntun. Di mana sebelumnya, Persib mampu meraih 12 kemenangan dan 3 kali imbang dalam 15 laga.

Selain itu, tiga poin yang diraih Wiljan Pluim dan kawan-kawan membuat PSM menggeser Persija Jakarta di atas puncak klasemen. Dengan tambahan tiga poin itu, Juku Eja, julukan lain PSM kini mengoleksi 50 poin dari 24 laga yang dilakoni.

Baca Juga: 

Sementara Persib Bandung, tetap berada di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 46 poin. Adapun usai kemenangan PSM ini, Persija Jakarta harus tergeser ke posisi kedua klasemen dengan torehan 47 poin dari 23 laga yang dilakoni.

PSM Makassar memulai laga dengan tekanan penuh dari tuan rumah. Persib bahkan terlihat jelas menguasai pertandingan dan mampu membahayakan pertahanan PSM.

Pada menit 16, Persib akhirnya membuka peluang on target melalui Ciro Alves. Sayang, sepakannya berhasil diamankan Reza Arya.

Sementara PSM Makassar baru bisa menciptakan peluang on target di menit 27. Adalah Wiljan Pluim lewat sepakan bola mati yang dilesatkan tapi mampu ditepis Teja Pakualam.

Sayangnya, tuan rumah mampu unggul di menit 45+3. Yakni, melalui sundulan Ahmad Jufrianto yang menerima umpan dari Rezaldi Hehanusa sekaligus skor 1-0 menutup laga.

Pada babak kedua, PSM masih lebih memilih bermain sabar dan merapatkan barisan pertahanan hingga menunggu kesempatan melakukan serangan balik. Hal itu, justru berjalan efektif usai Yakob Sayuri lepas dari jebakan offside.

Di dalam kotak penalti, Yakob kemudian memberikan umpan ke Ramadhan Sananta. Pemain berusia 20 tahun itu, kemudian sangat leluasa menjebloskan gol ke gawang Teja hingga skor menjadi 1-2 di menit 54.

Kepercayaan diri Pasukan Ramang kemudian semakin tinggi usai gol balasan tercipta. Alhasil, 10 menit kemudian atau di menit 64 PSM sukses membalikkan kedudukan.

Adalah melalui sepakan keras dari luar kotak penalti Yance Sayuri, berhasil menembus gawang Teja Pakualam. Skor pun berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan PSM.

Sayangnya, sang pencetak gol (Yance) harus ditandu keluar dan dilarikan ke RS terdekat. Hal itu, usai ia beradu spring dengan Ciro Alves dan sikunya mengenai dada Yance.

Bernardo Tavares, lantas memasukkan Rizky Eka untuk menggantikan Yance. Everton Nascimento juga dimasukkan untuk menggantikan Sananta.

Selain itu, Bernardo juga memasukkan Dethan Antony dan Rasyid Bakri hingga Ananda Raehan. Para pemain yang baru masuk, dituntut untuk membendung serangan bertubi-tubi Persib Bandung.

Baca Juga: 

Hal itu, lantas berjalan efektif lantaran Maung Bandung kesulitan menciptakan gol meski peluang datang silih berganti. Malahan, mereka nyaris kebobolan usai Everton sukses lepas dari kawalan dua pemain belakang.

Sayangnya, sepakan pemain asal Brazil itu terlalu pelan hingga mampu diamankan Teja. Hingga 6 menit tambahan waktu, tak ada lagi gol yang tercipta hingga PSM memenangkan laga dengan skor 1-2.

Adapun laga selanjutnya, PSM akan berhadapan dengan Persita Tangerang. Laga bakal berlangsung di Stadion BJ Habibie, Parepare pada Minggu 19 Februari 2022 mendatang. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories