Ponsel Pintar Jadi Penyebab Obesitas? Begini Penjelasannya

Obesitas (freepik.com)

MAKASSAINSIGHT.com - Dr. Esti Widiastuti, MScPH, Ketua Tim Kerja Penyakit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik, mengungkapkan salah satu faktor utama yang berkontribusi pada obesitas adalah kurangnya aktivitas fisik seseorang.

Data dari Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa jumlah kasus obesitas di tingkat nasional sekitar 21,8%, diukur berdasarkan indeks massa tubuh. Faktor-faktor yang berkontribusi pada obesitas antara lain  kurangnya aktivitas fisik dan asupan kalori yang tinggi. 

Esti menjelaskan obesitas terjadi ketika jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada yang keluar. Akibatnya, kalori berlebih tersebut akan menjadi lemak, menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas.

Baca Juga: 

''Berbicara tentang obesitas itu berbicara bahwa apa yang masuk ke dalam tubuh dengan apa yang keluar. Tapi kalau apa yang masuk lebih banyak akhirnya menumpuk dan penumpukan kalori yang masuk itu akan menjadi lemak sehingga jadilah overweight dan obesitas,'' ungkap Esti, dilansir kemenkes.go.id, Kamis 20 Juli 2023.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya aktivitas fisik adalah penggunaan ponsel pintar yang tidak terkontrol, yang dapat membuat penggunanya menjadi malas bergerak. Kementerian Kesehatan memiliki strategi pencegahan untuk mengatasi obesitas melalui promosi kesehatan dan pengendalian faktor risiko penyakit tidak menular (PTM).

Promosi kesehatan dilakukan di fasilitas kesehatan primer, seperti Puskesmas, dengan pendeteksian dini berat badan dan lingkar perut. Masyarakat juga diimbau untuk memperbaiki gaya hidup dengan menghindari merokok, meningkatkan aktivitas fisik, serta meningkatkan konsumsi protein, buah, dan sayur.

Baca Juga: 

Pengendalian faktor risiko PTM dilakukan melalui penanganan obesitas yang tepat, termasuk terapi obesitas seperti diet sehat, latihan fisik, modifikasi perilaku, pendekatan medis, dan rujukan ke ahli kesehatan bila diperlukan. Upaya ini diharapkan dapat membantu mengurangi prevalensi obesitas dan penyakit tidak menular di masyarakat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 21 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories