Event Tahunan Beautiful Malino, Upaya Meningkatkan Perputaran Ekonomi

Event musik Beautiful Malino 2023. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Beautiful Malino 2023 bertajuk Happiness resmi dimulai di kawasan wisata hutan pinus Malino Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Jumat (14/7/2023). Acara ini berlangsung hingga Minggu (16/7/2023) besok.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pada pembukaan Beautiful Malino 2023 menceritakan, jika ada 40 persen warga yang tinggal di Gowa tetapi bekerja di Makassar. Sehingga membelanjakan uangnya di Makassar

"40 persen masyarakat kita itu tinggal di Gowa tapi kerja di Makassar sehingga membelanjakan uangnya di Makassar," kata Adnan Purichta Ichsan sembari menyebut Beautiful Malino 2023 jadi upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: 

Bupati Gowa dua periode itu mengatakan, 40 masyarakat yang tinggal di Gowa tetapi bekerja di Makassar akan menjadi salah satu sasaran Pemkab Gowa.

Beatiful Malino 2023 itu diharapkan dapat menjadi pemicu mereka untuk kembali memberlanjakan uangnya di Gowa. Meskipun mereka bekerja di Kota Makasar.

"Nah dengan hadirnya kembali Beautiful Malino 2023 ini di Gowa maka akan mengembalikan masyarakat kita untuk membelanjakan uangnya di sini," kata Adnan Purichta Ichsan.

Bahkan, target event tahunan Pemkab Gowa yang sempat vakum tiga tahun karena hantaman pandemi Covid-19 menyasar pengunjung di luar dari 40 persen di atas.

Adnan Purichta Ichsan berharap Beautiful Malino yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 bisa menjadi tambahan penghasilan bagi daerah. Tentunya berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

"Tema happines menjadi bukti kebahagiaan kita, bahkan event ini masuk dalam kalender nasional sehingga bukan lagi milik pemerintah kabupaten tapi juga milik pemerintah provinsi dan pusat," kata Adnan Purichta Ichsan.

Sementara itu, Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf RI Mohammad Amin mengatakan, pemerintah pusat saat ini melakukan berbagai langkah pemulihan ekonomi dengan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024, salah satunya melalui event Beautiful Malino 2023.

Baca Juga: 

Beautiful Malino 2023 dilaksanakan selama tiga hari di kawasan kota bunga, yakni hari Jumat hingga Minggu.

Rangkaian kegiatannya seperti music & art fest yang mengudang tiga musisi Indonesia yaitu Judika, Budi Doremi, dan Pusakata.

Pengunjung Beautiful Malino 2023 juga bisa menikmati culinary showcase & bazaar, fashion carnaval, lari lintas alam, Malino trail adventure, summer camp, dan mountain bike & challenge. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories