Pilih Mana? Xiaomi 13 atau iPhone 15! Sama-sama Canggih

Intip Perbandingan Spesifikasi Xiaomi 13 VS iPhone 15, Sama-sama Canggih! (gsmarena, apple.com)

MAKASARINSIGHT.com - Di tengah banyaknya merek smartphone, setiap brand atau produsen ponsel tentu selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik. Tidak dapat dipungkiri seri iPhone Apple telah menjadi favorit banyak orang selama bertahun-tahun, bahkan kerap menentukan tren smartphone.

Akan tetapi, kemunculan smartphone dari China atau Tiongkok yaitu Xiaomi juga tampaknya tidak boleh disepelekan. Xiaomi dikenal sebagai sebuah merek yang dinilai mampu mendisrupsi pasar dengan berbagai ponselnya yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau serta bisa memantapkan dirinya sebagai pemain utama di persaingan global.

Xiaomi 13 sendiri sudah dirilis sejak Desember 2022 lalu sedangkan iPhone 15 baru saja dirilis beberapa hari yang lalu di bulan September 2023 ini. Berikut perbandingan spesifikasi Xiaomi 13 dan iPhone 15 yang sama-sama canggih.

Baca Juga: 

Perbandingan Spesifikasi Xiaomi 13 dan iPhone 15

Perbandingan spesifikasi Xiaomi 13 dan iPhone 15

Sebelum Anda mantap membeli ponsel baru, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui ponsel apa yang seharusnya Anda beli.

Desain iPhone 15 dan Xiaomi 13

Apple iPhone 15 dinilai memiliki desain yang sangat berkualitas, di mana iPhone tetap mempertahankan bagian belakang kaca yang ikonik dan dilapisi bingkai alumunium sehingga ponsel tampak lebih mewah. Selain itu, iPhone 15 juga memiliki perubahan halus pada dimensi dan notch sehingga mampu mempertahankan gaya Apple yang tetap anggun dan minimalis.

Sedangkan Xiaomi 13 tampaknya menawarkan tampilan yang berbeda. Bobotnya yang lebih berat  yaitu 185 gram dan terasa lebih kokoh seperti mengutamakan daya tahan daripada mementingkan segi estetika. Dengan berat 185 gram, ponsel akan terasa lebih mantap saat digenggam.

Display iPhone 15 dan Xiaomi 13

Layar ponsel adalah salah satu komponen yang menjadi titik interaksi pertama bagi pengguna. Pada Xiaomi 13, memiliki layar AMOLED 6,36 inci, tapi tidak menonjolkan tag Dynamic AMOLED atau Super Retina XDR. Warnanya lebih menonjol dan hitam pekat.

Sedangkan iPhone 15 menyediakan layar Super Retina XDR OLED dan memberikan resolusi yang sedikit lebih tinggi untuk membuat pengguna lebih nyaman saat mengedit foto, menonton film, atau sekadar browsing karena setiap detail akan terlihat tajam dan jelas.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak iPhone 15 dan Xiaomi 13

Xiaomi 13 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 8 gen 2 yang akan memudahkan pengguna untuk bermain game, multitasking, atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya tanpa lag atau error. Selain itu, Xiaomi 13 juga didukung dengan RAM hingga 12 GB.

Sedangkan iPhone 15 memiliki chip A16 Bionic yang memberikan pengalaman yang mulus bagi pengguna. Meski iPhone 15 hanya memiliki ram 6 GB yang tampaknya terlihat tertinggal dari Xiaomi, tapi performa tetap lancar dan efisien. 

Kamera iPhone 15 dan Xiaomi 13

Di era maraknya media sosial saat ini, kamera tampaknya sudah lebih dari sekadar fitur, tapi sebagai keharusan. Xiaomi 13 memiliki tiga kamera dengan sensor utama 50 MP sehingga memastikan setiap pengambilan gambar tetap detail dan jelas. Selain itu, kamera depan Xiaomi 13 32 MP akan memberikan kejernihan yang tentu akan disukai pencinta selfie.

Sedangkan Apple iPhone 15 memiliki sistem kamera ganda di mana iPhone 15 terdapat sensor utama 48 MP yang dapat dipadukan dengan pemrosesan gambar Apple sehingga memastikan foto tetap tajam, cerah, dan nyata. Kamera depannya hanya 12 MP, meski resolusinya lebih rendah daripada Xiaomi 13, pengalaman yang dirasakan pengguna akan tetap mulus lewat peningkatan perangkat lunak Apple.

Baterai iPhone 15 dan Xiaomi 13

Xiaomi 13 memiliki baterai 4500 mAh dan kemampuan pengisian cepat 67W, sehingga perangkat ini tidak hanya menjanjikan umur panjang tetapi juga pengisian yang cepat. IPhone 15, meskipun masih merahasiakan kapasitas baterainya, tapi jangan khawatir karena iPhone dikenal karena kinerjanya yang optimal sehingga tetap data mendukung penggunaan sehari-hari. 

Harga iPhone 15 dan Xiaomi 13

Sementara iPhone 15 mulai dari US$900 atau mulai dari Rp13,8 juta, Xiaomi seperti biasa menawarkan produk andalannya dengan harga yang lebih kompetitif yaitu dengan harga mulai dari US$663 atau sekitar Rp10,2 juta. Keterjangkauan ini, dikombinasikan dengan spesifikasi kelas atas, menjadikan Xiaomi 13 pilihan yang menarik bagi banyak orang. 

Baca Juga: 

Itu tadi perbandingan antara iPhone 15 dan Xiaomi 13 yang sama-sama canggih tapi tetap memiliki harga yang berbeda. Ponsel mana yang akan Anda pilih?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 18 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories