Sebelum Liburan ke Bali, Baca Dulu10 Rekomendasi Kuliner Lezat Khas Pulau Dewata

10 Rekomendasi Kuliner Lezat Khas Bali (Istimewa)

MAKASSARINSIGHT.com - Bali adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Selain keindahan alamnya, Bali juga terkenal dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Sayang rasanya jika Anda pergi ke Bali, namun melewatkan makanan-makanan khas dengan cita rasa yang kaya dari Pulau Dewata ini. 

1. Sate Lilit

Sate lilit adalah salah satu makanan khas Bali yang paling terkenal. Sate ini terbuat dari daging ayam atau babi yang dicincang halus, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khas Bali. Daging yang telah dicampur bumbu kemudian dililitkan ke tusuk-tusuk bambu dan dibakar. Sate lilit memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Baca Juga: 

2. Sate Lilit Ayam

Sate lilit ayam adalah varian sate lilit yang terbuat dari daging ayam. Kuliner khas Bali satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang beragama Islam namun ingin mengincipi nikmatnya sate lilit. Sate lilit ayam memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan sate lilit babi.

3. Ayam Betutu

Ayam Betutu / Istimewa

Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang memiliki cita rasa yang unik. Ayam betutu dimasak dengan cara dibakar dengan bumbu-bumbu khas Bali selama berjam-jam. Hasilnya, ayam betutu memiliki rasa yang gurih, pedas, dan aroma yang khas.

4. Babi Guling

Babi guling adalah makanan khas Bali lainnya yang wajib dicoba. Babi guling terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan bumbu-bumbu khas Bali. Babi guling memiliki rasa yang gurih dan lezat.

5. Lawar

Lawar adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging babi, ayam, atau bebek yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas Bali. Lawar biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal matah.

6. Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan serai yang diiris-iris tipis. Sambal matah memiliki rasa yang pedas dan segar.

Selain makanan-makanan di atas, masih banyak lagi makanan khas Bali yang wajib dicoba. Berikut adalah beberapa makanan khas Bali lainnya yang bisa Anda coba:

7. Nasi Campur Bali

Nasi Campur/Istimewa

Nasi campur Bali adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, ayam betutu, babi guling, lawar, sambal matah, dan sayur-sayuran.

8. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam suwir, telur, dan sate. Nasi Jinggo biasanya dibungkus dengan daun pisang.

Baca Juga: 

9. Tipat Cantok

Tipat Cantok / Istimewa

Tipat Cantok adalah makanan khas Bali yang mirip dengan gado-gado atau ketoprak. Tipat Cantok terdiri dari ketupat, sayuran rebus, dan sambal kacang.

10. Sate Plecing

Sate plecing adalah sate khas Bali yang terbuat dari daging ayam atau bebek yang dibakar dengan bumbu plecing. Bumbu plecing terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Nah, berikut tadi adalah deretan kuliner khas Bali rekomendasi TrenAsia.com untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 17 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories