Patut Waspada, Ini Bahayanya Isi Daya Ponsel Sambil Tidur

Ternyata Ini Bahayanya Isi Daya Ponsel Sambil Tidur (Freepik.com/rawpixel)

MAKASSAINSIGHT.com - Ponsel atau smartphone adalah salah satu benda yang tampaknya tidak bisa dipisahkan dari aktivitas masyarakat saat ini. Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan dengan bantuan ponsel, mulai dari bermain games, melihat media sosial, menonton film dan serial TV terbaru, belanja, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda mungkin juga merasa sangat terbantu dengan adanya smartphone, di mana Anda bisa asyik menggunakannya saat duduk di bus atau kereta api. Akan tetapi, hal itu semua tentu akan tidak bisa dilakukan ketika ponsel Anda baterainya habis.

Tidak mengherankan ketika sudah tiba di rumah terutama saat malam hari, Anda akan langsung mengisi daya ponsel. Namun, karena kelelahan setelah sibuk melakukan berbagai aktivitas seharian, bisa jadi Anda malah lupa mencabut kabel pengisi daya yang akhirnya membuat Anda mengisi daya ponsel semalaman agar ponsel tersebut siap digunakan lagi esok hari. Akan tetapi, jika Anda terbiasa untuk melakukannya, ada baiknya jika Anda mulai menghentikannya.

Baca Juga:

Bahaya Mengisi Daya Ponsel Semalaman Saat Tertidur

Bahaya mengisi daya ponsel semalaman saat tertidur

Para ahli telah memperingatkan bahwa tidur dengan ponsel yang sedang diisi dayanya dapat berdampak buruk bagi kita. Seperti yang dilansir Trenasia.com dari laman Mirror pada Senin, 4 September 2023,  menurut David Gale dari Gale & Snowden, sebuah perusahaan arsitektur ramah lingkungan, ternyata sistem saraf tubuh kita beroperasi dengan listrik bertegangan sangat rendah.

Otak menggunakan listrik untuk mengirimkan pesan ke otot-otot. Bagi sebagian orang, arus bolak-balik buatan manusia yang ada di rumah kita atau ada di sekitar kita dapat mengganggu proses tersebut. Karena alasan itulah, beberapa orang mungkin akan merasa sulit untuk tidur ketika berada di dekat ponsel yang sedang diisi dayanya atau benda listrik lainnya. 

Selain itu, penting juga untuk tidak meletakkan ponsel yang sedang di-charge di tempat tidur atau di bawah bantal ketika saat Anda tidur. Hal ini karena kebiasaan tersebut dapat menimbulkan risiko kebakaran yang fatal. Kondisi tersebut dapat terjadi karena baterai menjadi panas saat ponsel dicolokkan dan terkadang menjadi sangat panas hingga terbakar.

Anda tentu masih mengingat kasus yang dialami Alua Asetkyzy Abzalbek pada September 2019 lalu. Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Mirror, gadis remaja berusia 14 tahun tersebut meninggal dunia usai mengisi ponselnya di atas bantal saat ia tertidur. Ponsel yang sedang diisi dayanya tersebut digunakan untuk mendengarkan musik saat ia tertidur. Akhirnya, ponselnya meledak dengan baterai ponsel terbakar di dekat kepalanya. Seperti yang telah diketahui, suhu ponsel bisa menjadi sangat panas apalagi ketika digunakan sambil diisi dayanya. 

Terlepas dari hal itu, baru-baru ini Apple juga memberi peringatan kepada pengguna agar tidak mengisi daya ponsel di tempat tidur atau meletakkannya di dekat bantal, di mana peringatan tersebut dicantumkan di laman User Guide. Selain itu Apple meminta pengguna iPhone untuk menghindari kontak kulit yang terlalu lama dengan kabel dan konektor pengisi daya saat kabel pengisi daya tersambung ke sumber listrik karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau cedera. Tidur atau duduk di atas kabel atau konektor pengisi daya juga harus dihindari.

Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya pengguna ponsel tidak mengisi baterai hingga 100 persen. Jika kebiasaan itu dilakukan sesekali mungkin tidak akan berakibat fatal, tapi jika dilakukan secara terus menerus, maka pengisian ulang baterai ponsel hingga penuh justru akan memperpendek umur baterai.

Baca Juga: 

Itu tadi penjelasan mengapa berbahaya mengisi daya ponsel semalaman saat Anda tertidur. Apakah Anda masih melakukannya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 07 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories