Upayakan bisnis berkelanjutan, BSI Diganjar TrenAsia ESG Award 2023

Penyerahan penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (TrenAsia.com/Panji Asmoro)

JAKARTA—PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk meraih penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori Sharia Bank dengan predikat Sustainability. Penghargaan diberikan dalam acara penganugerahan di Hotel Raffles Jakarta, 30 Agustus 2023. 

Penghargaan tersebut menjadi wujud upaya perusahaan dalam penerapan Environment, Social, dan Governance (ESG) dalam keberlanjutan bisnisnya. BSI sendiri memiliki program sosial kemasyarakatan yang menjadi salah satu upaya mereka menuju ekonomi berkelanjutan. 

BSI memiliki sejumlah program unggulan seperti Desa BSI, UMKM BSI Maslahat, Pemberdayaan Masjid hingga Pesantren Berdaya BSI. Dalam Desa BSI, BSI berupaya mengembangkan ekonomi desa melalui penguatan sumber daya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendayagunaan dana ZISWAF.

Hingga akhir 2022, Desa BSI telah menjangkau 13 desa di 12 provinsi, 890 kepala keluarga atau sekitar 4.095 orang penerima manfaat. BSI juga memberdayakan usaha kecil lewat UMKM BSI Maslahat. Programnya berupa peningkatan kapasitas pengetahuan dan manajerial sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas usahanya secara berkelanjutan.

Pada 2022, program UMKM BSI menambah 25 cluster usaha dari berbagai komoditas yang tersebar di 15 provinsi di seluruh Indonesia dengan total penerima manfaat 747 kepala keluarga. 

Di samping itu, BSI memiliki program Pemberdayaan Masjid yang berupaya menguatkan dan meningkatkan kapasitas pengelola masjid.  Hal itu ditambah perluasan sebaran dan distribusi manfaat di delapan Masjid Legacy BSI serta mendukung pengembangan ekosistem islam berbasis masjid. 

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya. 

Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Hotel Raffles Jakarta, Rabu.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek Environment, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.

Editor: Redaksi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat semua artikel

Related Stories