Ngeri!!! Hendak Kunjungi Bangkai Titanic, Kapal Selam Pembawa Turis Hilang

Bangkai Titanic (NOAA)

MAKASSARINSIGHT.com - Sebuah kapal selam yang membawa turis melihat bangkai kapal Titanic di Samudera Atlantik hilang pada Minggu 19 Juni 2023. Pencarian besar-besaran pun dilakukan.

Tim Penjaga Pantai Amerika mengatakan kontak dengan kapal selam kecil itu hilang sekitar satu jam 45 menit setelah menyelam, kata. Semetnara perusahaan wisata OceanGate yang memiliki kapal selam tersebut mengatakan semua opsi sedang dieksplorasi demi menyelamatkan lima orang di dalamnya.

Tiket berharga US$250.000 atau sekitar Rp3,7 miliar (kurs Rp15,000) dibutuhkan  untuk perjalanan selama delapan hari, termasuk menyelam ke bangkai kapal Titanic di kedalaman 3.800 meter.

Dalam proposal tawarannya, perjalanan delapan hari dengan kapal selam berbahan serat karbon ini sebagai kesempatan untuk beranjak dari kehidupan sehari-hari. Dan menemukan sesuatu yang luar biasa. Menurut situs resminya, satu ekspedisi sedang berlangsung dan dua perjalanan lainnya telah direncanakan digelar Juni 2024.

Berbagai instansi pemerintah, Angkatan Laut Amerika dan Kanada, serta sejumlah perusahaan komersial di bidang kelautan ikut membantu operasi penyelamatan.

Baca Juga: 

Bangkai kapal Titanic terletak sekitar 700km di selatan St John's, Newfoundland, walaupun misi penyelamatan dijalankan dari Boston, Massachusetts. Kapal selam yang diyakini hilang adalah kapal selam Titan milik OceanGate.

Kapal selam seukuran truk yang menampung lima orang dan biasanya menyelam dengan pasokan oksigen darurat selama empat hari. "Kami mengantisipasi upaya pencarian dalam waktu antara 70 dan 96 jam yang tersedia saat ini,” kata  Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika mengatakan dalam jumpa pers Senin sore 

Dia juga mengatakan bahwa sebuah kapal selam dan pelampung sonar diluncurkan dalam upaya pencarian kapal selam tersebut. Namun menurutnya area pencarian terletak di wilayah terpencil" sehingga membuat operasi pencarian menjadi sulit.

Hamish Harding, seorang pengusaha dan penjelajah asal Inggris berusia 58 tahun termasuk di antara mereka yang berada di kapal selam yang hilang. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh  keluarganya.

Di media sosial pada akhir pekan, Harding mengatakan dia bangga akhirnya mengumumkan bahwa dia akan ikut dalam misi ke bangkai kapal Titanic.

Tetapi dia kemudian menambahkan bahwa karena "musim dingin terburuk di Newfoundland dalam 40 tahun terakhir, kemungkinan misi ini akan menjadi misi berawak pertama dan satu-satunya ke Titanic pada 2023". Dia lantas menulis: "Kami akan mencoba menyelam besok."

OceanGate mengatakan seluruh fokus pencarian dan penyelamatan [adalah] pada awak kapal selam dan keluarganya. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan ekstensif yang kami terima dari beberapa lembaga pemerintah dan sejumlah perusahaan komersial di bidang kelautan dalam dalam upaya kami melakukan kontak dengan kapal selam," tambahnya.

Kapal selam Titan/Ocean Gate

Tidak Bisa Komunikasi

Kapal selam wisata ini biasanya membawa seorang pengemudi, tiga penumpang, dan satu orang yang menurut perusahaan itu disebut sebagai "ahli konten".

Perjalanan dimulai dari St John's di Newfoundland. Setiap proses penyelaman ke bangkai kapal, termasuk turun dan naik, dilaporkan memakan waktu sekitar delapan jam.

Situs resmi OceanGate mencantumkan tiga kapal selam yang dimilikinya, dan hanya kapal selam bernama Titan yang mampu menyelam cukup dalam untuk mencapai reruntuhan Kapal Titanic.

Kapal berbobot 10.432 kg dan, menurut situs resminya, dapat mencapai kedalaman hingga 4.000 meter dan memiliki pasokan oksigen bagi lima awak dalam 96 jam.

David Pogue, wartawan CBS yang melakukan perjalanan dengan kapal selam Titan tahun lalu, kepada BBC mengatakan tentang masalah yang mungkin dialami awak kapal selam dan tim yang ada di darat. Menurutnya, saat ini tidak ada cara" untuk berkomunikasi dengan kapal selam tersebut, karena baik GPS maupun radio tidak berfungsi di bawah air.

Baca Juga: 

"Ketika kapal pendukung berada tepat di atas kapal selam, mereka dapat mengirim pesan teks pendek bolak-balik," kata Pogue.

Dia menambahkan, karena penumpang terkunci di dalam kapal selam yang dipasang dari luar, sehingga "tidak ada cara untuk melarikan diri, bahkan jika Anda naik ke permukaan sendiri. Anda tidak dapat keluar dari kapal selam tanpa ada bantuan dari upaya awak yang berada di luar."

Titanic, yang merupakan kapal terbesar pada masanya, menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York pada 1912. Dari 2.200 penumpang dan awak kapal, lebih dari 1.500 meninggal. Puing-puingnya telah dieksplorasi secara ekstensif sejak ditemukan pada 1985.

Bangkai kapal itu terbentang dalam dua bagian, dengan haluan dan buritan dipisahkan sekitar 800 meter. Puing-puing berskala besar berserakan di sekitar bangkai kapal yang rusak.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 20 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories