Bisa Dipelajari, 7 Keterampilan Penting yang Tidak Diajarkan di Sekolah

7 Keterampilan Penting yang Tidak Diajarkan di Sekolah (Freepik)

MAKASSAINSIGHT.com - Anda tentu mengetahui bahwa pendidikan adalah hak semua warga negara Indonesia. Bahkan, hal itu juga diwujudkan lewat program WAJAR atau Wajib Belajar, yaitu program pendidikan minimal yang harus diikuti oleh warga negara Indonesia atas tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Tidak dapat dipungkiri, melalui sekolah kita bisa memperoleh dasar yang kuat dalam berbagai mata pelajaran. Namun ternyata ada beberapa keterampilan hidup penting yang seringkali tidak diajarkan dalam lingkungan akademik.

Padahal, keterampilan tersebut penting untuk mendukung pertumbuhan pribadi, kesuksesan karier, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut beberapa keterampilan atau soft skill penting yang biasanya tidak diajarkan oleh sekolah.

Baca Juga: 

Keterampilan atau Soft Skill Penting yang Tidak Dipelajari di Sekolah

1. Literasi Finansial

Literasi finansial meliputi cara mengelola keuangan pribadi, menganggarkan keuangan secara efektif, menabung, berinvestasi, memahami konsep pajak, hingga pinjaman dan kartu kredit. Memahami literasi finansial penting untuk membentuk kemandirian dan stabilitas soal finansial.

Selain itu, tidak jarang orang-orang yang masih tidak tahu nilai uang. Hal ini karena sebagian besar dari kita dilahirkan dalam keluarga dengan pendapatan yang banyak dan tidak terbiasa menganggarkan keuangan dengan baik.

Kurangnya literasi keuangan yang baik akan membuat Anda cenderung memiliki pola pengeluaran yang buruk, sering menghabiskan waktu untuk menikmati makan malam yang mewah, dan sebagainya. Biasanya, seseorang yang tidak memiliki literasi keuangan yang baik akan mulai belajar keuangan ketika tagihan mulai menumpuk dan mengetahui bahwa mereka hidup di luar kemampuan mereka.

2. Pemikiran yang Kritis

Pemikiran kritis atau critical thinking adalah suatu kemampuan untuk selalu menganalisis informasi secara objektif dan mengesampingkan bias atau opini pribadi. Pemikiran kritis akan membantu Anda untuk mampu mengevaluasi suatu argumen dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang ada untuk menghindari bias kognitif.

3. Manajemen Waktu

Waktu yang kita miliki terbatas, hanya 24 jam dalam sehari. Dalam 24 jam itu, kita diminta untuk tidur selama 7-8 jam, itu artinya waktu yang kita miliki untuk bekerja atau beraktivitas tinggal 16 jam saja.

Jika Anda mampu melakukan manajemen waktu, maka Anda bisa memprioritaskan tugas secara efektif, menetapkan tujuan, dan mengatur Anda dengan tepat. Hal ini akan meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan membantu Anda mencapai tujuan dengan cepat.

4. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi ternyata penting untuk dipelajari. Hal ini karena keterampilan tersebut memudahkan Anda untuk mengekspresikan diri dengan jelas, mendengarkan lawan bicara secara aktif dan mampu berkolaborasi serta menyesuaikan gaya komunikasi antara lawan bicara.

5. Keterampilan Interpersonal

Seseorang yang memiliki kemampuan interpersonal yang hebat cenderung akan berlari melampaui orang lain. Hal ini karena mereka mampu menjadi pendengar yang baik dan komunikator sehingga dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan kesuksesan bisnis.

6. Perawatan Diri dan Kesejahteraan

Pada saat sekolah seharusnya kita diberitahukan soal aktivitas perawatan diri yang meliputi olahraga, makan minum yang sehat, tidur yang cukup, dan sebagainya. Selain itu, penting juga untuk diberikan pengetahuan soal empati dan berbagi kasih untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

7. Manajemen Stres

Di setiap tahap kehidupan tentu kita kerap mengalami stres. Stres tidak mungkin dihilangkan begitu saja, tapi bisa dikendalikan dan dikelola. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi stres seperti melakukan teknik relaksasi, menerapkan mindfulness, olahraga, dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa keterampilan penting soal kehidupan yang seharusnya diajarkan ketika di sekolah.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 20 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories