Membaca Lebih Cepat, Ini 5 Manfaat untuk Anda

Selain 5 Kali Lebih Efektif, Simak 5 Alasan Lain Mengapa Anda Harus Mulai Membaca Cepat (Pexels / Cristian Benavides )

MAKASSARINSIGHT.com - Kegiatan membaca sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari seiring dengan bertambah dewasanya seseorang. Saat duduk di bangku sekolah, kita akan terbiasa membaca buku pelajaran. Begitupun saat bekerja, kita mulai membaca dokumen-dokumen pekerjaan. Tak jarang seseorang juga memiliki hobi membaca yang secara otomatis membuatnya kerap membaca buku seperti komik hingga novel.

Melansir dari laman website resmi Lifehack.org pada Jumat 28 Mei 2023, ahli mengatakan bahwa kunci membaca lebih cepat agar lebih efektif adalah dengan menghilangkan proses sub vokalisasi. Proses sub vokalisasi adalah proses dimana pembaca benar-benar mengucapkan kata yang ada pada tulisan dalam pikiran mereka, hal ini juga mereka lakukan bahkan ketika mereka membaca dalam hati.

Jadi intinya, membaca cepat adalah teknik melihat kata-kata saja, bukan turut mengucapkannya dalam hati.

Baca Juga: 

Mengapa kita perlu membaca cepat?

Menghemat waktu

Rata-rata orang dewasa dapat membaca antara 200 hingga 300 kata per menit. Namun, dengan keterampilan membaca cepat, Anda dapat membaca sekitar 1500 kata permenit. Jadi membaca cepat dan efektif dapat menghemat banyak waktu tanpa melewatkan informasi penting yang mungkin dibutuhkan.

Meningkatkan daya ingat otak

Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa membaca cepat dapat meningaktkan daya ingat otak. Kinerja otak meningkat selama membaca cepat. Hal ini memungkinkan pembaca mengingat lebih banyak informasi daripada sebelumnya.

Meningkatkan daya fokus

Teknik membaca cepat dapat juga meningkatkan daya fokus. Otak yang menerima banyak informasi selama membaca cepat kemungkinan akan menerima distraksi yang lebih kecil dan sedikit. Hal ini karena otak hanya fokus pada pekerjaan utamanya saja yaitu membaca.

Bentuk latihan otak

Banyak orang berpendapat otak adalah otot. Pendapat ini tak sepenuhnya salah. Otak juga memerlukan latihan agar tumbuh lebih kuat layaknya otot. Proses membaca cepat dapat berfungsi lain sebagai bentuk latihan otak.

Membantu berfikir logis

Saat otak Anda terbiasa menerima dan mengatur begitu banyak informasi dengan begitu cepat. Proses berfikir Anda akan lebih cepat juga. Ke depannya ketika otak Anda memproses suatu masalah, otak akan dengan sigap mengambil informasi yang tersimpan, memproses korelasinya dan menghasilkan solusi.

Meningkatkan kesejahteraan mental

Otak yang lebih sehat dapat membantu meningkatkan bagian lain di kehidupan seseorang diantaranya adalah adalah dengan peningkatkan harga diri dan rasa percaya diri. Manfaat-manfaat ini dapat menghilangkan stres dan membuat kesejahteraan emosional Anda lebih sehat dari pada sebelumnya.

Baca Juga: 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai manfaat-manfaat yang mungkin akan Anda dapatkan ketika mulai teknik membaca cepat dan efektif. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 28 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories