Layak Dicoba, Ini Jenis Olahraga Ringan yang Aman Saat Puasa Ramadan

5 Jenis Olahraga Ringan yang Aman Saat Puasa Ramadan (Trenasia)

MAKASSARINSIGHT.com - Bulan Ramadan adalah bulan suci yang selalu dinantikan umat muslim di dunia, di mana umat muslim turut melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa mengharuskan umat muslim untuk tidak makan dan minum apapun setelah imsak sampai adzan maghrib berkumandang.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang menganggap puasa membuat badan jadi lemas sehingga tidak perlu melakukan olahraga. Meski begitu, ternyata olahraga tetap bisa dilakukan ketika tubuh Anda sedang berpuasa Ramadan.

Anda cukup melakukan jenis olahraga ringan saja agar tubuh tetap fit, segar, dan bugar meski sedang berpuasa. Berikut beberapa jenis olahraga ringan yang aman dilakukan saat bulan Ramadan.

Baca Juga: 

Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Saat Puasa Ramadan

Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Saat Puasa Ramadan

1. Berjalan kaki

Jalan kaki dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengatur berat badan, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, mencegah atau mengelola kondisi seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, olahraga jenis ini juga gratis, mudah, dan nyaman, serta memiliki intensitas yang rendah sehingga cocok dilakukan saat Anda tengah berpuasa Ramadan. Anda bisa mulai berjalan kaki sebelum berbuka puasa sehingga tidak akan memberatkan ibadah puasa Anda.

2. Bersepeda santai

Bersepeda adalah jenis olahraga ringan dan intensitas rendah. Anda tetap bisa berkeringat tanpa membuat sendi menjadi stres.

3. Pilates

Pilates adalah jenis olahraga dengan intensitas rendah yang lebih berfokus pada kekuatan inti, kerja napas, dan keseimbangan badan. Pilates efektif dapat meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan kualitas hidup.

4. Peregangan sambil bergerak

Peregangan sambil bergerak adalah atau kinetik stretch adalah jenis olahraga ringan yang melibatkan penggunaan sendi melalui berbagai gerakannya. Pada saat melakukan ini, Anda juga menciptakan ketegangan di seluruh tubuh.

5. Angkat beban secara perlahan

Mengangkat beban adalah salah satu jenis olahraga yang aman dilakukan ketika Anda puasa. Meski begitu, Anda tetap harus memilih beban yang tidak terlalu berat dan hindari mengangkat beban dengan cepat. Angkatlah secara perlahan agar otot Anda tidak kram serta menghindari terkurasnya energi Anda.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa jenis olahraga ringan yang aman dilakukan saat puasa Ramadan. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 15 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories