Lakukan Cara Ini Agar Kabel Charger Ponsel Tetap Awet

Charging, mengisi daya, isi daya, charge, ponsel, baterai (Freepik.com/rawpixel)

MAKASSARINSIGHT.com - Kabel charger merupakan bagian dari ponsel yang cepat rusak. Penyebabnya berbeda, mulai dari tidak masuk daya hingga pengisian yang semakin melambat.

Ironisnya, rusaknya kabel charger bawaan biasanya akan berdampak pula pada performansi ponsel. Jika membeli chrger biasa, yang harganya lebih murah, maka penngisiannya juga tidak normal dan stabil.

Anda bisa saja membeli charger original keluaran pabrik. Namun, pembelian ini tentunya akan menguras uang lebih banyak. Guna menghindari pengeluaran yang tak perlu karena kabel Charger, Anda bisa merawat charger yang Anda miliki.

Baca Juga: 

Mengenali Kabel Charger

Kabel-kabel itu kini menjadi benda-benda yang tak dapat dipisahkan dari ponsel dan harus dibawa kemanapun Anda pergi.

Kabel-kabel tersebut terdiri dari serat tembaga yang tipis dan kecil. Sehingga jika Anda tak menggunakannya secara hati-hati tentu kabel tersebut akan mudah putus atau rusak.

Penyebab Kabel Charger Rusak

Ada banyak faktor mengapa kabel charger cepat rusak.Tapi biang kerok utama rusaknya kabel charger biasanya adalah perilaku yang menggunakan dan menggulung kabel sembarangan.

Gegara gulungan, kabel alhirnya mudah tertekan atau tertarik, bahkan membuatnya putus. Lebih lengkap, berikut tips yang bisa dilakukan agar kabel charger tetap awet dan tahan lama.

1. Hindari Tekuk Kabel saat Digunakan

Saat melakukan pengisian daya, Anda sebaiknya perhatikan ruang agar kabel lebih kendur saat digunakan. Usahakan tidak melakukan pengisian daya pada tempat yang dirasa terjepit atau tidak memiliki ruang cukup.

Melakukan pengsian daya di ruang sempit membuat Anda terpaksa menekuk kabel dan membuat kabel menjadi tegang dan tertekan. Ini tentunya akan membuat kabel charger akan mudah putus dan rusak.

2. Jangan Gulung Kabel Sembarangan

Satu hal yang paling sering dihiraukan beberapa pengguna yaitu menggulung kabel dengan sembarangan. Menggulung kabel secara sembarang akan membuat kabel mudah tertekan dan menjadi rentan rusak.

Untuk menghindari kerusakan, gulunglah kabel dengan longgar sebanyak tiga sampai empat kali gulungan dan menyelipkan ujung kabel dengan rapi di antara gulungan tersebut.

Cara ini membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan kabel charger pada saku kecil di ransel atau tempat khusus kabel charger agar tetap aman dan tahan lama.

3. Lepaskan Kabel Perlahan Setelah Digunakan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah setelah melakukan pengisian daya dan melepas kabel dari ponsel. Sebaiknya jangan langsung menariknya lewat gulungan kabelnya.

Alih-alih melakukan hal tersebut, tarik kabel charger melalui ujung yang menghubungkannya pada perangkat. Menarik melalui ujung kabel tersebut akan membuat kabel charger lebih awet.

Cara ini tak hanya dapat dilakukan pada kabel charger saja. Anda juga dapat menerapkan pada berbagai jenis kabel lain agar tetap awet.

Baca Juga: 

4. Simpan Charger dengan Baik

Seperti disinggung sebelumnya, setelah menggulung kabel charger hp dengan baik, simpan kabel pada tempat yang aman. Anda dapat menggunakan wadah berupa s case alias kotak pelindung kabel charger.

Case khusus ini berguna untuk menempatkan kabel charge kamu dengan lebih aman dan menghindari kabel tertekan atau menekuk sehingga membuat kabel charger putus dan mudah rusak.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 18 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories