Ponsel Anda Hilang, Lakukan Segara 6 Langkah Ini

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Anda Hilang atau Dicuri (Freepik.com/msgrowth)

MAKASSARINSIGHT.com - Hampir semua orang kini memiliki smartphone atau ponsel. Hal ini karena smartphone dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas sehari-hari, seperti membeli barang atau berbelanja, belajar, dan masih banyak lagi.

Tidak mengherankan jika banyak informasi yang tersimpan di dalam sebuah smartphone. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga keamanan data terutama yang ada di ponsel.

Namun, mungkin Anda akan merasakan kesulitan apalagi ketika ponsel Anda hilang atau dicuri. Selain kehilangan perangkat genggam yang membantu Anda sehari-hari, ada banyak informasi sensitif yang ada di ponsel Anda yang akan berbahaya jika diketahui oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 

Jika saat ini Anda sedang kehilangan ponsel, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Dicuri atau Hilang

Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Dicuri atau Hilang

Jika Anda kehilangan ponsel iOS atau Android, Anda bisa langsung menguncinya dengan fitur keamanan bawaan. Namun sebelum itu, Anda harus melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

1. Pastikan Smartphone Anda Memang Hilang

Panggil nomor telepon Anda dengan telepon lain untuk mengetahui apakah Anda dapat menemukan ponsel tersebut di sekitar Anda. Jika Anda meninggalkannya atau menjatuhkannya, ada kemungkinan seseorang dapat menerima panggilan dan membantu Anda untuk memberikan lokasinya atau bahkan mengirimkannya jika memungkinkan.

Selain itu, kirim SMS singkat dengan permintaan pengembalian dan nomor alternatif Anda ke nomor telepon Anda. Jika perangkat Anda disetel ke Senyap atau Silent, gunakan fitur Play Sound di Google Find My Device agar ponsel Anda bisa berdering. Fitur tersebut akan membuat ponsel Anda terus berdering selama lima menit bahkan saat Diam.

2. Temukan Ponsel Anda Menggunakan FindMyMobile (untuk Ponsel Samsung)

Samsung menawarkan layanan pelacakan FindMyMobile miliknya untuk perangkat Galaxy. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mencadangkan data dari jarak jauh, mengambil panggilan dan pesan, dan bahkan membuka kunci perangkat. Anda juga dapat memperpanjang masa pakai baterai atau mengatur penjaga.

3. Temukan Ponsel Anda Menggunakan Find My Device dari Google

Secara default, perangkat iOS dan Android mengaktifkan fitur Find My Phone, asalkan pengguna masuk ke akun Google atau iCloud mereka. Ini adalah fitur keamanan bawaan untuk menemukan, mengunci, atau menghapus data di perangkat Anda jika terjadi pencurian atau kehilangan.

Di Android, Find My Device dapat menampilkan lokasi GPS yang tepat dari perangkat Anda di Google Map. Anda juga bisa mengetik Find My Device di Google Search, dan Anda dapat melihat lokasi langsung di halaman hasil pencarian itu sendiri.

Apple juga menawarkan fitur Find My iPhone untuk melacak lokasi iPhone. Anda harus mengaktifkan layanan lokasi dan mengakses akun iCloud Anda dari komputer agar fitur ini berfungsi.

4. Kunci Ponsel Anda dari Jarak Jauh

Jika Anda yakin ponsel dicuri, Anda harus bertindak cepat untuk mengunci atau membersihkan ponsel Anda. Anda dapat mengunci ponsel Android dari jarak jauh dan keluar menggunakan layanan Find My Device.

Di Ponsel Android, untuk mengamankan perangkat Anda, buka Find My Device dan klik Secure Device. Kemudian, masukkan kata sandi baru dan klik Next. Ikuti petunjuk lanjutan yang ada di layar untuk menyetel kunci.

Jika Anda ingin menghapus semua konten dari perangkat, Anda bisa melakukan cara ini.

  1. Klik Erase Device di halaman Find My Device.
  2. Klik Erase Device untuk melanjutkan.
  3. Otentikasi akun Anda dengan masuk ke Akun Google Anda.
  4. Setelah verifikasi selesai, layanan Find My Device akan menghapus semua data dari perangkat Anda secara permanen. Jika perangkat Anda sedang offline, proses penghapusan akan dimulai saat perangkat online kembali.

Perhatikan bahwa, setelah data dihapus, layanan Find My Device tidak akan berfungsi lagi, dan Anda tidak akan dapat melacak perangkat menggunakan layanan lagi.

Sedangkan di perangkat iOS, buka icloud.com/find dan gunakan fitur Find my iPhone  untuk menghapus data di ponsel Anda.

5. Ubah Kata Sandi atau Password pada Layanan Esensial

Aplikasi perbankan di smartphone Anda dilindungi oleh PIN atau verifikasi bio authentication. Namun layanan email, belanja online, dan aplikasi lainnya seringkali tidak memiliki lapisan keamanan tambahan.

Jadi, segera ubah password untuk semua layanan penting yang sering Anda gunakan di smartphone Anda, termasuk email, perbankan online, aplikasi belanja, dan pengelola kata sandi, untuk mencegah akses dan penggunaan yang tidak sah.

6. Hubungi Bank Anda

Sangat sulit untuk melewati autentikasi biometrik atau tindakan keamanan berbasis PIN dari aplikasi perbankan Anda di ponsel curian Anda. Akan tetapi beberapa pengguna menyimpan kredensial keuangan mereka dalam teks biasa di layanan cloud, email, atau aplikasi pencatat. Dalam hal ini, sangat penting untuk memberitahu bank Anda dan memblokir kartu dan akun Anda untuk sementara.

Baca Juga: 

Itu tadi 6 hal yang harus segera Anda lakukan ketika mengetahui ponsel Anda hilang atau dicuri.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 18 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories