WhatsApp Luncurkan Fitur Channels, Ini Cara Menggunakannya

WhatsApp Resmi Menghadirkan Fitur Channels, Ini Cara Menggunakannya (Facebook.com/Mark Zuckerberg )

MAKASSARINSIGHT.com - Meta secara resmi telah menghadirkan fitur WhatsApp yang baru yaitu Channels. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menerima pembaruan atau update penting dari seseorang dan organisasi secara langsung di WhatsApp.

WhatsApp meluncurkan Channels tersebut sebagai cara yang sederhana dan pribadi untuk tetap mengikuti perkembangan minat pengguna. Tim WhatsApp meluncurkan fitur Channels ini di tab baru yang disebut Updates yang terpisah dari chat atau obrolan dengan teman, keluarga, dan komunitas.

Admin Channels memiliki kemampuan untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan survei di fitur tersebut. Selain itu, untuk membantu pengguna memilih Channels mana yang harus diikuti, Meta sedang mengembangkan direktori yang memungkinkan pengguna mencari saluran yang terkait dengan hobi, tim olahraga, update dari otoritas lokal, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses Channels melalui link atau tautan undangan yang diterima melalui Chat, email, atau dipublikasikan secara online.

WhatsApp juga dikabarkan terus berkomitmen untuk mengembangkan layanan broadcastnya dengan cara yang paling privat. WhatsApp akan melindungi informasi pribadi admin dan pengikut sehingga nomor telepon dan foto profil admin tidak akan terlihat oleh followers. Selain itu, nomor telepon juga tidak akan terlihat oleh admin atau sesama followers Channels lainnya.

WhatsApp juga menyatakan bahwa riwayat Channels akan tetap ada di servernya hingga 30 hari. Perusahaan juga akan menambahkan fitur untuk memastikan pembaruan berhenti terlihat lebih awal di perangkat anggota. Admin akan memiliki kewenangan untuk memblokir tangkapan layar dan forward apapun dari Channels mereka. 

Channels dirancang untuk menjangkau pengguna dengan luas, sehingga tidak dienkripsi end-to-end secara default. Meski begitu, admin CHannels tetap dapat memutuskan apakah akan membuat Channels mereka terlihat atau tidak di direktori dan siapa saja yang dapat mengikutinya.

Admin juga dapat menggunakan Channels untuk bisnis dan memanfaatkan layanan pembayaran yang tersedia. Selain itu, admin juga dapat mempromosikan Channels tertentu dalam direktori untuk meningkatkan awareness.

Cara Menggunakan Channels WhatsApp

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan fitur Channels WhatsApp

  1. Untuk mengikuti suatu Channels, buka WhatsApp dan ketuk tab ‘Updates’.
  2. Cari saluran atau Channels yang ingin Anda ikuti dan ketuk tombol ‘Follow’.
  3. Untuk melihat pembaruan dari Channels, ketuk nama Channels tersebut.
  4. Anda juga dapat meninggalkan saluran dengan mengetuk tombol ‘Leave’.

Manfaat Menggunakan Channels WhatsApp

Baca Juga: 

Channels WhatsApp adalah cara baru dan inovatif agar pengguna tetap terhubung dengan orang dan organisasi yang penting bagi pengguna. Dengan mengikuti suatu Channels, Anda dapat dengan mudah mengikuti sumber berita, bisnis, dan influencer favorit Anda, semuanya di satu tempat. Berikut beberapa detail manfaat dari Channels WhatsApp.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Channels WhatsApp yang baru rilis, cara, serta manfaat menggunakannya. Tertarik mencoba?

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories