Jangan Galak pada Kucing, Ini 5 Alasan Itu Hal Yang Percuma

Kucing peliharaan berada di area Kopi Cat Cafe by Groovy Kemang, Jakarta, Senin 1 Juni 2020. Kafe kucing tersebut akan menerapkan protokol kesehatan terkait kebijakan normal baru, salah satunya adalah mengurangi jumlah pengunjung, wajib memakai masker dan membersihkan kucing setiap satu jam sekali yang dimulai pada tanggal 5 Juni 2020 mendatang. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

(TrenAsia.com)

MAKASSARINSIGHT.com—Anda mungkin pernah memarahi kucing ketika mereka berperilaku menyebalkan seperti buang kotoran sembarangan, menjatuhkan barang dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda jika tindakan memarahi tersebut tak akan mengubah apa-apa, bahkan bisa memperburuk relasi dengan hewan peliharaan.

Berikut sejumlah alasan yang membuat Anda percuma memarahi kucing, dilansir dari Be Chewy, Jumat 24 Februari 2023: 

Baca Juga: 

Kucing Tak Paham

Memarahi kucing mungkin masuk akal buat kita. Dengan memarahi, harapannya kucing tidak melakukan kesalahan yang sama. Namun faktanya tidak demikian. Kucing seringkali tidak paham apa yang kita omongkan. Ahli perilaku kucing, Shawn Simons, menyebut kucing tidak akan mengerti sepintar apapun Anda memilih kata-kata untuk menasihatinya. 

Tidak Mengatasi Masalah

Meskipun kucing menangkap pesan melalui omelan, kucing biasanya bakal melakukan hal menyebalkan lagi ketika kita tidak ada. Mereka akan mengulangi perilaku tertentu untuk kepuasan mereka. Hal itu seperti mencakar sofa, mendorong barang dari meja atau melompat ke atas meja makan. 

Ketimbang memarahi kucing, ubahlah lingkungan sekitar Anda. Jika Anda tidak ingin kucing mencakar sofa, pilihlah bahan sofa yang membuat kucing tak nyaman untuk mencakarnya. Anda juga bisa memberi sejumlah mainan interaktif sehinga energi kucing bisa terkuras di sana.

Buang-Buang Waktu

Pelatih hewan bersertifikat, menyebut omelan manusia bisa hanya dianggap suara biasa bagi kucing. Dokter hewan, Jonathan Quan, juga menyebu bahwa omelan pada umumnya tidak ada gunanya dan hanya membuang waktu Anda. “Kucing tidak tahu kenapa dia dihukum,” ujar Quan.

Bikin Kucing Tidak Nyaman

Satu kali memarahi kucing bisa jadi sudah sangat berlebihan. Hal itu karena kucing bisa langsung tidak nyaman berada di sekitar Anda. Omelan juga dapat membuat kucing gelisah dan peka terhadap gerakan atau kehadiran orang lain.

Mendorong Perilaku Buruk

Tak jarang perilaku menyebalkan kucing justru semakin menjadi ketika kita memarahinya. Hal itu dilakukan karena kucing ingin perhatian kita. Artinya, dengan memarahi kucing, Anda sebenarnya ikut mendorong kucing untuk melakukan lebih banyak perilaku buruk. 

Baca Juga: 

Anda dapat memanggil nama kucing atau hal lain yang lembut untuk menarik perhatian kucing sehabis mereka berperilaku buruk. Ini akan mengalihkan perhatian kucing Anda dari perilaku buruk yang dia lakukan. Kemudian Anda dapat menghabiskan beberapa menit untuk bermain atau mengelus kucing Anda. 

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 25 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories