Yuk Simak, Ini Tips Menghindari Harga Tak Wajar di Tempat Wisata

Ilustrasi wisata kuliner. (Istimewa)

MAKASSARINSIGHT.com—Belum lama ini ramai pemberitaan soal harga es teh yang tak wajar di kebun binatang Solo Safari. Seorang pengunjung di restoran Solo Safari mengaku harus membayar Rp18.000 untuk segelas es teh. Padahal lazimnya harga es teh di kota itu hanya Rp3.000 sampai Rp5.000. 

Tak hanya itu, harga makanan berat di Solo Safari pun lumayan mahal. Seporsi nasi goreng kambing dihargai Rp88.000, di atas rata-rata harga makanan serupa di Solo yang hanya di kisaran Rp25.000-Rp40.000. Aksi getok harga atau dalam bahasa Jawa “ngepruk” tentu mengurangi kenyamanan wisatawan  

Agar terhindar dari jebakan harga yang tak wajar, berikut sejumlah tips yang bisa Anda praktikkan:

Baca Juga: 

Cari Informasi Awal

Sebelum kulineran, terutama di tempat wisata, ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dulu. Anda bisa meng-googling tempat makan itu untuk mencari ulasan dari pelanggan sebelumnya. Mengecek media sosial juga dapat menjadi langkah untuk mencari informasi terkait harga di sebuah tempat makan. 

Cek Menu

Anda tak perlu ragu meninggalkan sebuah tempat makan jika mereka tak melampirkan daftar menu berikut harga. Anda berhak menanyakan harga makanan sebelum bertransaksi. Jika merasa harga itu kemahalan atau tak wajar, tak usah malu untuk mencari tempat lain. Daripada tekor!

Kuasai Bahasa Lokal

Penguasaan bahasa lokal sederhana seperti salam dan kalimat sapa dapat membantu Anda untuk menghindari getok harga di tempat wisata. Biasanya , penjual curang sengaja mencari orang luar sebagai sasaran getok harga. 

Berani Komplain

Jangan takut untuk komplain apabila Anda merasa tertipu dengan harga menu yang harus dibayar. Jika tak bisa diprotes dengan sopan, Anda perlu sedikit tegas dengan menanyakan ulang rincian harga dari setiap menu. Sebagai konsumen, Anda pun bisa melapor ke pihak terkait apabila dirugikan. Sampaikan hal ini supaya penjual berpikir ulang untuk berbuat curang.

Baca Juga: 

Cek Ulang

Beberapa restoran ikan atau daging biasanya memasang harga per gram. Anda perlu mengetahui harga pasti menu setelah ditimbang dan dimasak. Tanyakan pula ke pelayan mengenai besarnya porsi. Jangan tergiur saat pelayan menawarkan makanan atau minuman tambahan di luar menu. Hal ini diperlukan agar tagihan Anda tidak tiba-tiba melonjak.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 25 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories