Ini Fitur Tersembunyi dari Gmail yang Jarang Diketahui

5 Fitur Tersembunyi dari Gmail yang Jarang Diketahui Banyak Orang (Freepik.com/rawpixel)

MAKASSARINSIGHT.com - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Gmail. Layanan email dari Google ini memang menjadi salah satu layanan yang paling populer. Namun, ternyata tidak semua orang memanfaatkan semua fitur Gmail dengan maksimal.

Ada berbagai fitur tersembunyi dari Gmail yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 

Fitur Tersembunyi dari Gmail yang Jarang Diketahui

1. Batal kirim pesan atau undo send

Fitur tersembunyi Gmail ini memudahkan Anda untuk melakukan undo atau membatalkan email yang terlanjur terkirim. Namun, Gmail hanya memberikan kesempatan untuk undo atau membatalkan mengirim pesan hanya dalam waktu lima detik saja setelah terlanjur menekan tombol send.

2. Tanda titik di alamat email

Tanda titik memang sering dijumpai di banyak alamat email, tetapi tahukah Anda bahwa Gmail tidak benar-benar membaca tanda titik yang ada di alamat email Anda? Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkanya untuk membuat lebih banyak alamat email. 

3. Anda bisa menggunakan Gmail saat tidak ada akses internet

Pengguna Gmail ternyata memiliki kemudahan untuk tetap menggunakan Gmail bahkan saat tidak memiliki akses internet. Meski begitu, Gmail akan meminta Anda untuk mengaktifkan fitur tersebut. 

4. Tombol tunda atau snooze

meski fitur ini sebetulnya sudah ada secara jelas, ternyata justru kurang dimanfaatkan oleh banyak orang. Anda bisa memilih fitur ini untuk menunda membaca email yang masuk dan Gmail akan menghapus pesan tersebut dari kotak masuk Anda hingga nanti. Anda juga dapat memilih kapan akan kembali saat Anda memilih untuk menundanya.

5. Mode rahasia

Jika Anda khawatir tentang privasi, Anda bisa menggunakan pengaturan Gmail ini. Anda dapat mengaktifkan mode rahasia di bagian bawah email apapun yang ingin Anda kirim.

Penerima email rahasia Anda tidak dapat meneruskan, menyalin, mencetak, atau mengunduh isi email Anda. Anda juga dapat mengatur tanggal kedaluwarsa email tersebut.

Baca Juga:

Itu tadi beberapa fitur tersembunyi dari Gmail yang jarang diketahui banyak orang. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 25 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories